Holding UMi Tak Terpengaruh Kenaikan Suku Bunga BI, BRI Ungkap Alasannya

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Holding Ultra Mikro (UMi) dipastikan tak akan menaikkan suku bunga kredit, bagi para pelaku usaha mikro dan ultra mikro BRI, PT Pegadaian, dan PT Pemodalan Nasional Madani (PNM). Meskipun, Bank Indonesia (BI) telah menaikkan BI-Rate sebesar 25 bps menjadi 6,25 persen.

Waskita Targetkan 5 Paket Proyek Bendungan Rampung Tahun Ini, Intip Progresnya

Direktur Bisnis Mikro Holding Ultra Mikro (UMi) BRI, Supari memastikan, kenaikan suku bunga BI itu tidak akan terlalu terdampak karena adanya beberapa faktor.

"Dampak BI Rate 25 bps, karena perilaku turn over modalnya kuat, maka dampaknya tidak ada," kata Supari dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 30 April 2024.

Maknai Harkitnas, Pertamina Berikan Kado Terbaik untuk Kebangkitan UMKM di Indonesia

"Jadi dipastikan, tidak ada kenaikan suku bunga untuk pelaku usaha mikro Mekaar," ujarnya.

Pemberdayaan Holding Ultra Mikro (UMi) yang mengintegrasikan layanan dari BRI

Photo :
  • BRI
Erick Thohir Angkat Eks Direktur BNI Jadi Dirut ID FOOD

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi mengatakan, sampai saat ini PNM belum berencana melakukan perubahan tingkat suku bunga untuk para nasabah PNM.

Bahkan, Arief mengaku bahwa pihaknya kini justru tengah berencana untuk menurunkan bunga bagi para nasabahnya, yang pembayaran kreditnya lancar.

"Di bawah arahan Holding kami, untuk siklus yang atas kita turunkan (suku bunga). Jadi untuk apresiasi motivasi mereka sudah disiplin mengembangkan usaha, plafonnya meningkat untuk kebutuhan modal kerja. Kita beri apresiasi penurunan bunga dibandingkan teman-temannya yang di bawah," kata Arief.

Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sampai saat ini, lanjut Arief, kredit macet di PNM yakni sebesar 1,16 persen, per kuartal I-2024."Per posisi kuartal I-2024, gross NPL sebesar 1,16 persen," ujarnya.

Sebagai informasi, Holding Ultra Mikro (UMi) adalah pembiayaan yang melibatkan tiga entitas BUMN yakni BRI sebagai Induk Holding, PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) selaku anggota Holding. Holding UMi hadir melalui pemberdayaan berbagai produk, layanan, dan solusi yang terintegrasi, dari layanan yang ditawarkan dari ketiga entitas perusahaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya