Kursus Virtual dengan Praktisi Tawarkan Peluang Kerja saat Pandemi

Tampilan platform MySkill.id di ponsel pintar
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pengangguran di Indonesia pada masa pandemi COVID-19 disebut terus bertambah. Bahkan, kategori lulusan baru atau fresh graduate menyumbang jumlah pengangguran. Badan Pusat Statistik Indonesia mencatat, per Mei 2021, sekitar 1 juta lulusan perguruan tinggi menganggur.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Sebut Anak Perempuan Tak Boleh Beri Nafkah Ke Ayahnya Jika...

Akses pekerjaan dan meningkatkan soft skill selama pandemi dinilai perlu. Ndang Rahmat, alumnus Institut Teknologi Bandung, membangun platform MySkill.id bersama sejumlah teman kuliahnya dengan tujuan untuk menawarkan kemudahan. Platform itu dapat diakses melalui web dan aplikasi yang dapat diunduh di ponsel pintar.

Ndang menilai, salah satu penyebab bertambahnya pengangguran karena teori yang didapatkan selama di kampus masih jauh dengan kebutuhan industri di Indonesia. "Ini berdasarkan penelitian dari Singapore Management University. MySkill dibangun atas dasar kegelisahan terhadap berjaraknya dunia pendidikan dan ketenagakerjaan di Indonesia," kata Ndang, Kamis, 9 September 2021.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Ndang memproyeksikan lulusan baru dapat sharing atau berbagi pengetahuan dengan para praktisi industri dengan berbagai online training (bootcamp) dan modul video belajar (e-learning) mengenai beragam kemampuan yang bisa dipelajari kapan pun.

Pengguna, katanya, dapat mengakses pembekalan atau kursus singkat secara virtual oleh praktisi-praktisi perusahaan strategis dan pakar dari perguruan tinggi. "Serta kumpulan informasi lowongan kerja dari berbagai perusahaan ternama. Ada pula MySkill blog berisi ratusan artikel informatif seputar informasi dan tips menghadapi dunia kerja," katanya.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Dia juga membangun kerja sama strategis dengan berbagai institusi untuk mengentaskan masalah pendidikan dan ketenagakerjaan. MySkill.id telah tergabung dalam ajang startup bergengsi di Indonesia seperti LocalCorn, ActCelerate hingga Founder Institute, yang merupakan inkubasi startup terbesar se-dunia.

Menurut Ndang, pihaknya sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti investor, institusi pemerintah maupun swasta dalam mewujudkan visi membantu jutaan mahasiswa dan profesional muda di Indonesia dalam merintis karier impian. 

"Bahkan, tidak sedikit peserta dari beragam bootcamp yang diselenggarakan oleh MySkill.id yang mendapatkan tawaran pekerjaan dari berbagai perusahaan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya