Kemenkeu Utak-atik Anggaran Bersiap COVID-19 Jadi Endemi

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.
Sumber :
  • Tangkapan layar Zoom Meeting

VIVA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengungkapkan bahwa laju peningkatan penyebaran Virus Corona atau COVID-19 selalu beriringan dengan pelonggaran aktivitas masyarakat.

Oleh sebab itu, Pemerintah pun dikatakannya terus mempersiapkan berbagai kebijakan supaya ketika virus tersebut menjadi endemi, maka tidak membebani ekonomi dan kesehatan masyarakat.

"Kemungkinan besar kalau kita hidup bersama virus, endemi, akan selalu kita lihat. Tentu kalau ini terus terjadi kita menginginkan fluktuasinya itu jangan terlalu naik," kata dia dalam diskusi virtual, Jumat, 17 September 2021.

Suahasil menekankan, jika kebijakan yang ditempuh ke depannya selalu mengandalkan pembatasan kegiatan masyarakat. Maka dipastikannya ekonomi akan selalu langsung tertekan.

"Kalau mobilitas turun, konsumsi kita turun, investasi turun, uncertainty membuat investasi tumbuhnya tidak maksimal, ekspor impor pun turun," papar dia.

Baca juga: Diskon PPnBM Mobil Diperpanjang Sampai Akhir 2021

Menurutnya, pengendalian utama COVID-19 terletak pada keandalam sistem kesehatan Indonesia. Karenanya, penguatan sistem itu terus menjadi perhatian Pemerintah supaya ekonomi tidak terus merosot.