Ingin Produk UKM RI Naik Kelas, Menteri Teten Gandeng IKEA

Menkop UKM Teten Masduki .
Sumber :
  • Pandawakarta

VIVA – Menteri Koperasi dan Usaha, Kecil dan Menengah Teten Masduki, menyambut baik inisiasi PT IKEA Indonesia untuk bekerja sama dalam mendukung promosi dan pemasaran produk UKM sektor kerajinan, fashion, dan personal care melalui program Teras Indonesia. 

Teten: Pupuk Subsidi di Indonesia Suka Hilang Waktu Dibutuhkan Petani

"Kerja sama ini merupakan momentum untuk mendorong produk UKM naik kelas, sekaligus mengangkat narasi produk UKM Indonesia dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan brand besar," kata Teten dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 September 2021.

Saat ini, IKEA telah mengakomodasi berbagai produk dari enam UKM untuk di promosikan di IKEA Jakarta Garden City dalam periode bulanan. Seiring dengan menurunnya Pandemi COVID-19 dan pembukaan pembatasan kegiatan masyarakat, IKEA Indonesia diharapkan dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk UKM dari sektor lain yang memiliki nilai tambah seperti kerajinan dan home decor.

TikTok Shop Masih Langgar Aturan, Menteri Teten: Izinnya Bisa Dicabut

"Kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi sentra UKM furnitur di Jawa Tengah. Dalam kunjungan tersebut, saya melihat bahwa produk UKM lokal memiliki kualitas yang baik. Produk-produk seperti kursi, meja, kabinet, dan pintu yang memanfaatkan bahan baku dari Jawa Tengah, diekspor ke berbagai negara," ujarnya.

Baca juga: Bahlil Minta Pemda Muluskan Pembangunan Pabrik Pupuk Kaltim di Fakfak

Menteri Teten Duga Ada Kepentingan Politik Dibalik Kembali Beroperasinya TikTok Shop

Melalui kolaborasi dengan IKEA, Teten berharap ke depannya IKEA Indonesia dapat menyerap lebih banyak produk UKM binaan lainnya. Pendampingan, pelatihan, kurasi, dan research and development juga dapat dilakukan bersama-sama, untuk menghasilkan produk sesuai minat pasar.

"Saya ingin mengajak perusahaan besar lain untuk terus bersinergi bersama pemerintah dalam upaya mendorong UKM masuk dalam rantai pasok nasional dan internasional sehingga UKM Bangkit, Indonesia Tangguh," kata Teten. 

Pada kesempatan yang sama, President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah untuk melakukan berbagai inisiatif. Mulai dari menggelar sentra vaksinasi, mengumpulkan donasi, hingga menyediakan Teras Indonesia bagi UMKM untuk menjual produknya. 

"Kami percaya melalui kegiatan ini, IKEA Jakarta Garden City dapat menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat sekitar," ujar Patrik.

Diketahui, IKEA Jakarta Garden City telah menyatakan komitmennya untuk turut memberdayakan UMKM lokal, dengan menyediakan area pameran secara gratis dalam program Teras Indonesia. IKEA Jakarta Garden City menyediakan total area seluas 1.000 meter persegi yang tersebar di beberapa lantai. 

Saat ini, terdapat 16 UMKM yang menjual produk unggulannya di Teras Indonesia IKEA Jakarta Garden City. Ini merupakan jumlah UMKM terbanyak yang digandeng IKEA dibandingkan toko IKEA lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya