Mengenal Keindahan Desain Interior Italia, Kedepankan Gaya Unik dan Klasik

Pameran Desain Interior Asal Italia (Doc: Natania Longdong)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Italia, negara ini berkawasan di benua Eropa dan memiliki bentuk pemerintahan Republik, sejak 2 Juni 1946. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Selain terkenal dengan desain kota yang unik, Italia juga telah melahirkan beberapa desainer furnitur terhebat di dunia.

Desain interior Italia pada tahun 1900-an sangat terkenal dan berkembang menjadi berkelas dan canggih. Pada awalnya, di awal tahun 1900-an, desainer furnitur Italia berjuang untuk menciptakan keseimbangan antara keanggunan klasik dan kreativitas modern.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Ilustrasi interior rumah/desain interior.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Dengan keajaiban ekonomi Italia , Italia mengalami pertumbuhan produksi industri dan produksi furnitur massal.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Namun, pada tahun 1960-an dan 1970-an, desain interior Italia mencapai puncak gayanya.

Salah satunya, Cassina. Mereka merupakan merek desain terkemuka asal Italia, dengan mencerminkan komitmennya terhadap otentisitas, riset, inovasi, keahlian kerajinan, dan keunggulan produksi.

Cassina sendiri menggunakan beberapa desainer asal Italia, yang memang mumpuni di bidangnya, seperti Formafantasma, Philippe Struck, Linde Freya Tangelder, Afra & Tobia Scarpa, sekaligus Patricia Urquiola, yang merupakan direktur seni dalam perusahaan itu.

Demi menjaga keasliannya, setiap furnitur Cassina diciptakan untuk tahan lama, dengan sistem pemantauan yang ketat dalam setiap tahap proses produksi untuk menjamin kualitas dan keunggulan.

Mereka juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan menjadi prioritas utama, dengan melalui penerapan bahan-bahan daur ulang dan proses desain serta manufaktur inovatif.

"Cassina, didirikan di Meda (Italia), pada tahun 1927 oleh Cesare dan Umberto Cassina," menurut pernyataan Cassina, pada Kamis, 25 Januari 2024.

Ilustrasi desain interior rumah seluas 25 meter persegi

Photo :
  • VIVA/Ayu Utami Paramitha

"Kami meluncurkan desain industri di Italia selama tahun 1950-an dengan pendekatan yang benar-benar baru, yang melihat pergeseran dari kerajinan tangan ke produksi massal."

Sebagai informasi, Cassina resmi membuka showroom pertamanya di Jakarta Pusat, yang bekerja sama dengan W Atelier untuk memberikan akses kepada orang-orang untuk mendapatkan desain modern otentik, mulai dari Bauhaus, minimalisme Nordic hingga Italia kontemporer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya