Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Desainer Barbie Awliya.
Sumber :
  • Dok. Barbie Awliya.

VIVA Lifestyle – Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang patut dibanggakan. Termasuk desainer Barbie Awliya yang tidak hanya bangga tapi juga ikut memperkenalkannya pada dunia. 

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Sejak usia 12 tahun, Barbie, sapaannya, sudah menekuni sekolah mode. Kemudian, saat usianya menginjak 17 tahun, sang desainer semakin serius mendalami dunia fashion dengan kuliah di Paris dan mengambil jurusan Bisnis Global Fashion. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

Tidak main-main, baru awal kuliah, Barbie sudah langsung membuka butik pertamanya di Paris, bernama LD by Luxie Diandra. Barbie pun turut mengungkapkan alasannya mengapa berani membuka butik di sana.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

“Karena kota model di dunia, jadi mimpi saya sejak 12 tahun ingin memperkenalkan batik di dunia dengan cara elegan. Tentunya paris satu-satunya kota yang diakui dunia untuk mode, maka saya memilih Paris,” ujarnya saat dihubungi awak media, Rabu 17 April 2024.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Barbie lebih lanjut menceritakan, batik yang dijual di butiknya diambil dari semua daerah di Indonesia, karena dia ingin memperkenalkan semua batik dari Tanah Air.

Paris sendiri menjadi cerita dan saksi bagaimana perjalanan Barbie. Mempromosikan warisan budaya Indonesia di dunia internasional, hingga akhirnya dia membuka butik kedua di Paris. 

Dari segi desain, Barbie menggabungkan keindahan wastra Nusantara dengan baju ala bangsawan Eropa kuno. Dia juga bermain dengan desain outer yang unik dan simpel. Barbie rutin merilis desain terbaru dengan kekhasannya, bergaya elegan dengan kombinasi batik Indonesia.

“Untuk butik di Paris, saya yang buka dan operasikan di sana. Jadi, saya belajar sekaligus bekerja sejak masih usia 17 tahun,” ungkapnya.

Bagi Barbie, membuka butik di Paris 8 dan Paris 13 bukan hanya sebagai wadah bisnis dengan berjualan koleksi-koleksinya saja, tapi juga membumikan warisan budaya Indonesia di negeri orang.

Kini, Barbie sibuk menyiapkan butik ketiganya di Indonesia. Dalam waktu dekat, Barbie akan membuka butik pertamanya sekaligus gerai LD by Luxie Diandra di kota kelahirannya, Surabaya. Dengan demikian, masyarakat di tanah air juga bisa menikmati karya-karya Barbie Awliya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya