Salut! Putri Handayani Jadi Warga Indonesia Pertama yang Berhasil Taklukkan Kutub Selatan

Putri Handayani
Sumber :
  • Instagram

VIVA Dunia – Membanggakan, salah seorang warga Indonesia bernama Putri Handayani sukses menuai decak kagum. Hal tersebut karena, wanita asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara ini menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil menaklukkan Kutub Selatan, titik paling selatan di bumi.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Pendaki gunung wanita asal Serdang ini sukses berhasil menapakkan kakinya di ujung Kutub Selatan setelah lewati 8 hari perjalanan menembus dingin hingga cuaca ekstrem. Salut bukan?

Diketahui dari berbagai unggahan video yang viral di media sosial, sosok Putri Handayani seketika viral dan ramai menjadi perbincangan hangat warganet.
 

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia


Menilik unggahan video yang dibagikan langsung oleh pemilik akun TikTok @jelahahiputri pada 30 Desember 2023 lalu, pendaki gunung satu ini berhasil membuktikan dirinya bisa sampai di atas puncak  Kutub Selatan.

Anggun Berkebaya, 100 Perempuan Indonesia Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung Kembang

Dalam video yang beredar itu Putri terlihat bangga terhadap dirinya sendiri yang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di atas puncak Kutub Selatan. Di mana, Kutub Selatan ini juga dikenal dengan sebutan lainnya yakni Kutub Janubi ialah ujung selatan bumi, merupakan sumbu bumi.

Perlu diketahui, bahwa Kutub Selatan ini menjadi titik paling ekstrem keenam yang pernah dijejaki oleh Putri.  Lima titik lainnya yang sudah ia sambangi adalah Gunung Kilimanjaro pada Februari 2016, Gunung Carstensz Pyramid pada Agustus 2016, kemudian Gunung Elbrus pada Juli 2017, Aconcagua pada Februari 2018, dan Denali pada Juni 2022.

"Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini. Apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole," kata Putri.

Dalam proses pencapainya menuju Kutub Selatan, Putri mengungkapkan bahwa terdapat berbagai rintangan yang harus ia hadapi. Mulai dari dinginnya suhu, sulitnya berjalan di tengah salju, angin kencang yang menerjang, hingga cuaca ekstrem dihadapi agar bisa mencapai tujuan awalnya yakni Kutub Selatan.

 "Lelah, haru dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apa lagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini," ujar Putri.

Berbagai rintangan yang dihadapinya tersebut, rupanya tak mampu mematahkan tekad dan semangat Putri untuk bisa mengibarkan bendera kebangsaan Indonesia, Sang Saka Merah Putih.

Dari pengalamannya itulah, membuat nama Putri Handaynbi atau yang dikenal sebagai Dian Syahputri Fitri Handayani ini berhasil mencatat sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menaklukkan Kutub Selatan dengan berjalan menggunakan ski.

Tidak hanya itu, Putri juga menandai bahwa perjalanannya yang kali ini menjadi titik paling ekstrem dunia yang pernah ia singgahi. Menurut keterangan salah satu sumber, Putri mampu menyelesaikan penjelajahannya ke titik paling selatan bumi pada 28 Desember 2023 lalu.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral di media sosial tersebut langsung menuai beragam reaksi di media sosial.

"Wih mantap keren bgd," tulis warganet.

"km keren kak Putri Handayani," tulis lainnya.

"masyaallah nekat bgd," tulis lainnya.

"Merinding gua pas dia bilang "Indonesia... Indonesia," timpal lainnya.

"yg keren kek gini malah sepi njir lah,
itu dingin nya gabisa dipindahin ke bekasi aja apa," sahut pengguna lainnya.

"seharusnya yg seperti ini yg masuk ke acara² televisi," kata lainnya.

"aku udh sering ke kutub selatan tapi di roblox, ekspedisi Antartika," tulis lainny

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya