Genjot Transformasi Bisnis, Bank Mandiri Kenalkan Layanan Digital Baru

Bank Mandiri Pusat
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Bank Mandiri terus melakukan transformasi digital dalam produk maupun layanan jasa keuangannya. Karena itu, setelah Livin kini Bank Mandiri memperkenalkan Kopra. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Wholesale Digital Super Platform Kopra yang dilincurkan Bank Mandiri ini untuk memberikan solusi keuangan terbaik bagi nasabah perusahaan melalui digitalisasi wholesale banking. Peluncuraln ini bertepatan dengan ulang tahun perseroan ke-23.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, dengan didukung oleh digitalisasi sampai dengan posisi akhir Agustus 2021, Bank Mandiri berhasil mengoptimalkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) serta mampu menekan biaya dana dengan lebih efisien. 

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Optimalisasi tersebut tercermin dari total DPK (bank only) Bank Mandiri per Agustus 2021 yang menembus Rp933,04 triliun, tumbuh 8,00 persen secara year on year (yoy). Dengan rasio CASA terhadap DPK sebesar 72,86 persen dan Cost of Fund berada di angka 1,67 persen atau menurun sebesar 110bps secara yoy. 

Dari sisi kredit juga diklaim mengalami pertumbuhan yang selaras dengan upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Telihat sampai dengan akhir Agustus 2021 total penyaluran kredit Bank Mandiri secara bank only tumbuh sebesar 8,06 persen secara yoy.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Baca juga: Depok Mulai PTM Terbatas, Cuma Dua Kali Sepekan

Darmawan menambahkan, salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri tercermin pula dari meningkatnya jumlah pengguna Livin. Yang mencapai 8,2 juta di akhir Agustus 2021 meningkat 50 persen dibandingkan periode setahun sebelumnya. 

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin juga melesat hingga 63 persen yoy. Atau menembus 607,5 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp 1.008 triliun per akhir Agustus 2021.

“Livin by Mandiri telah betransformasi menjadi super app yang memanfaatkan pendekatan AI (Artificial Intelligence)," ujar dia dikutip dari keterangan resmi, Senin, 4 Oktober 2021.

Adapun layanan yang baru diluncurkan, yaitu Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri dikatakannga, memberikan layanan digital single access. Yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir.

Sampai dengan akhir Agustus 2021 (YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri mencatatkan sebanyak 123 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp6.449 Triliun. Ini seiring dengan nasabah segmen wholesale yang merupakan core-business eksisting dari Bank Mandiri.

"Livin dan Kopra by Mandiri sama-sama mengusung pendekatan comprehensive banking experience, dengan aneka fitur yang akan mendekatkan Bank Mandiri ke dalam ekosistem digital," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya