Ada Nama Luhut di Pandora Papers, Ditjen Pajak Bakal Lakukan Ini

Luhut Binsar Pandjaitan.
Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan buka suara terkait beredarnya sebuah laporan investigasi yang dirilis Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) dengan tajuk Pandora Papers.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan hingga saat ini Ditjen Pajak belum menerima laporan yang mengungkap data dugaan mega-skandal pajak dunia yang juga menyeret banyak nama pesohor internasional.

"DJP belum menerima informasi atau dokumen terkait hal tersebut," kata dia saat dikonfirmasi VIVA, Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca juga: Menteri ESDM: Interkoneksi Listrik Sumatera-Malaysia Ditargetkan 2030

Meski belum menerima, Neilmaldrin menegaskan, Ditjen Pajak pada prinsipnya membuka diri terhadap masukan atau informasi yang mengungkap persoalan pajak. Ditjen Pajak pun dipastikannya akan menindaklanjuti temuan-temuan dalam laporan itu.

"Prinsipnya DJP terbuka terhadap semua informasi dan masukan, dan akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku," tegas dia.

Sebelumnya, Deretan 35 nama tokoh pemimpin negara dan ratusan nama pejabat hingga artis dari sejumlah belahan dunia masuk menjadi daftar panjang laporan investigasi garapan 600 jurnalis dari berbagai media internasional ini.