BNI Kucurkan Fasilitas Balloon Payment US$250 Juta ke Chandra Asri

MoU BNI dan Chandra Asri.
MoU BNI dan Chandra Asri.
Sumber :
  • Dok. BNI

VIVA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), menandatangani kerja sama fasilitas pembiayaan berskema term loan baru dengan balloon payment senilai US$250 Juta, atau sekitar Rp3,5 triliun dengan asumsi kurs Rp14.310 per dolar Amerika Serikat.

Direktur Corporate Banking BNI, Silvano Rumantir menjelaskan, pembiayaan ini merupakan komitmen BNI untuk menyasar segmen yang berisiko rendah, yaitu segmen nasabah korporasi yang termasuk ke dalam nasabah Top Tier. 

"Pembiayaan ini merupakan langkah awal dari pengembangan bisnis antara BNI dan Chandra Asri," kata Silvano dalam keterangan tertulisnya, Rabu 6 Oktober 2021.

Baca juga: Rekomendasi Saham Terbaik Hari Ini Saat IHSG Diprediksi Melemah

Dia menjelaskan, skema pembiayaan ini dibagi menjadi dua fasilitas. Pertama, fasilitas Term Loan I dengan maksimum US$150 juta, yang digunakan untuk membiayai buyback obligasi dan refinancing utang eksisting perusahaan dengan tenor tujuh tahun.

Kedua, fasilitas Term Loan II dengan maksimum US$100 juta, untuk membiayai kebutuhan pra-operasi kompleks petrokimia kedua yang berskala global (CAP2) dengan tenor sepuluh tahun.

Silvano berharap, BNI dapat menjadi preferred partner bagi perusahaan, dan dapat memberikan financial solutions dengan menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan yang lengkap dan komprehensif. Pembiayaan ke sektor Petrokimia ini diakui Silvano merupakan wujud dari komitmen BNI mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor barang produk Petrokimia.