Sri Mulyani Andalkan Ini agar Indonesia Tak Jadi Negara Pecundang

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan tiga tantangan besar yang tengah dihadapi berbagai negara saat ini. Tantangan ini bisa menjadikan suatu negara kalah atau menjadi pecundang.

Sri menuturkan, tiga tantangan besar itu adalah Pandemi COVID-19, perubahan iklim serta perkembangan pesat teknologi digital. Tidak ada satupun negara yang menurutnya tidak dihadapkan pada tantangan ini.

"Tiga hal yang menyapu dunia yang akan memengaruhi dan menentukan sebuah negara akan menjadi pecundang atau looser atau dia menjadi pemenang atau winner," katanya dalam webinar, Selasa, 19 Oktober 2021.

Baca juga: Erick Thohir Tegaskan Tak Ada Lagi Raja-raja Kecil di BUMN

Meski demikian, Sri menekankan, Indonesia saat ini diunggulkan untuk menghadapi tantangan tersebut karena memiliki demografi besar yang didomonasi oleh masyarakat golongan muda.

"Segmen masyarakat muda ini menguntungkan kita karena dengan demografi muda mereka lebih mudah beradaptasi. Tidak terkunci dalam sebuah mindset dan kekolotan yang menyebabkan kita tidak mampu berubah," tegasnya.

Akan tetapi, Sri mengakui, tipe demografi ini tidak selalu bisa dimanfaatkan dengan baik, jika strategi kebijakan yang digunakan tidak mampu mendorong mereka untuk terus maju dan berkembang.