Bahlil Akui Investasi Domestik Jadi Pilihan Saat Pandemi COVID-19

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 telah membuka banyak peluang bagi Indonesia untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam diskusi webinar yang digelar oleh Ikatan Alumni Harvard di Indonesia, Harvard Club of Indonesia (HCI), Rabu 20 Oktober 2021, Bahlil mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan banyak pelajaran penting bagi seluruh golongan masyarakat di Indonesia, termasuk tantangan di dalamnya.

"Kami, di Kementerian Investasi, menganggap pandemi ini sebagai peluang di tengah tantangan. Kenapa saya katakan sebagai peluang, yang pertama kita melakukan reformasi terhadap regulasi kita yang tumpang tindih," kata Bahlil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca juga: 3 Kota di Indonesia Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

Alasan kedua, lanjut mantan Ketua Umum Hipmi itu, yakni pandemi memberi kesempatan untuk melakukan konsolidasi domestik. Di mana pandemi telah membuat investasi domestik menjadi pilihan dorong ekonomi.

"Kita tahu pada 2020 pada saat pandemi menggoyang ekonomi global sehingga foreign direct investment (FDI) ke Indonesia turun signifikan, ekonomi kita tetap relatif lebih baik dibandingkan negara lain karena kita ditopang oleh investasi domestik. Nah ini harus dilihat sebagai peluang," ungkapnya.

Bahlil menjelaskan bahwa investasi memiliki peran sangat penting dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.