Kemendes PDTT Gandeng PLN Pastikan Seluruh Desa Teraliri Listrik 2024

Kerja sama Kemendes PDTT dengan PLN.
Kerja sama Kemendes PDTT dengan PLN.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendes PDTT.

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar terus mendorong peningkatan produktivitas BUMDesa dan BUMDesa Bersama. Salah satunya dengan pemenuhan kebutuhan listrik di seluruh desa. 

Hal itu diwujudkan melalui kerja sama antara Kemendes PDTT dengan PT PLN. Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Bersama (MoU) antara kedua pihak pun dilakukan di Bali, Senin, 25 Oktober 2021.

“Kalau listrik masuk ke seluruh desa, mencakup semua rumah tangga di desa, warga desa menikmati manfaatnya, warga akan lebih menghasilkan barang dan jasa,” ujar Abdul Halim Iskandar dikutip dari keterangan resminya, Selasa 26 Oktober 2021.

Baca juga: Heboh Disebut Akan Gantikan Garuda, Pelita Air Dapat Wejangan dari KPK

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim, menjelaskan, pemenuhan kebutuhan listrik di desa akan sangat membantu peningkatan produktivitas BUMDesa dan BUMDesa Bersama. Hal itu dilakukan dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta usaha warga dan kelompok usaha di desa.

“Alhamdulillah PLN siap penuhi 100 persen desa teraliri listrik pada tahun 2024,” terangnya.

Pada 2019, data dari Kementerian Desa PDTT menunjukkan bahwa ada 1.667 desa atau 2,5 persen desa yang mencakup 258.252 keluarga sama sekali tidak memiliki fasilitas kelistrikan. Sebagian besar tersebar di Papua.