Cara Menaker Perluas Kesempatan Kerja

Menaker Ida Fauziyah.
Menaker Ida Fauziyah.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemnaker.

VIVA – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengakui, sektor ketenagakerjaan menjadi yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. Banyak industri yang terpasa membatasi produksi yang berimbas terhadp PHK. 

Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan pengangguran meningkat dan naiknya angka kemiskinan. Ia menjelaskan, berbagai program dilakukan Kemnaker dalam membantu masyarakat. 

"Salah satunya program untuk perluasan kesempatan kerja melalui bantuan TKM (tenaga kerja mandiri)," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat 3 Desember 2021.

Menaker, Ida Fauziyah (kanan)

Menaker, Ida Fauziyah (kanan)

Photo :
  • Kemnaker.

Kemnaker, lanjut Ida, menggelar Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo Republik Kreatif 2021 dalam rangka mendorong pengembangan potensi usaha agar dapat mempromosikan produknya ke lingkungan yang lebih luas.

"Melalui pelaksanaan TKM Expo ini bisa semakin memajukan usaha para wirausahawan yang telah mendapatkan program bantuan TKM," ujar Ida.

Ida mengatakan, hal yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini adalah kreativitas, inovasi, dan keterampilan serta imajinasi dalam memproduksi barang atau jasa.