Lebih Ramah Lingkungan, Pertamina Produksi Pertamina Dex 10 Ppm

Kilang Pertamina Internasional Produksi Pertamina Dex 10 ppm.
Kilang Pertamina Internasional Produksi Pertamina Dex 10 ppm.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), berhasil menghasilkan produk berkualitas tinggi dan mendukung penurunan emisi yakni Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel).

Direktur Utama PT KPI, Djoko Priyono mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi meningkatkan kinerja perusahaan, demi menghasilkan bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan di Indonesia.

"Inovasi perusahaan dalam menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dilakukan agar dapat memenuhi ekspektaksi pasar," kata Djoko dalam keterangan tertulis, Selasa 7 Desember 2021.

Djoko meyakini bahwa Pertamina Dex 10 ppm yang disebut-sebut setara EURO V dengan Cetane Number 53 ini, dapat memaksimalkan pembakaran untuk performa mesin. Kemudian, keunggulan lainnya yakni dimana kadar sulfur terendah yang menjadikannya bahan bakar ramah lingkungan, serta adanya kandungan aditif pelindung untuk mencegah korosi mesin dan melindungi keawetan mesin secara maksimal.

Djoko menegaskan, penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm ini adalah bukti kolaborasi dan sinergi antara subholding Refinery & Petrochemicals dan subholding Commercial & Trading, yang bekerja sama dan berupaya untuk mengomersilkan produk unggulan ini.

"Sinergi antar subholding ini juga untuk mendukung pencapaian aspirasi Pertamina, menjadi perusahaan dengan nilai pasar US$100 miliar pada tahun 2024," ujarnya.

Diketahui, proses penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm ke konsumen ini dilakukan melalui sinergi dengan Subholding Commercial & Trading, PT Pertamina Patra Niaga - Regional Jawa Bagian Barat.