Infrastruktur Kelistrikan di Gunung Semeru Kembali Pulih

PLN berhasil memulihkan infrastruktur kelistrikan pascaerupsi Gunung Semeru.
Sumber :
  • Dok. PLN

VIVA – PT PLN (Persero) berhasil memulihkan infrastruktur kelistrikan pascaerupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu, sehingga 112 gardu distribusi yang sebelumnya terdampak sudah bisa kembali beroperasi 100 persen.

Gunung Ruang Sitaro Erupsi, Wapres Imbau Patuhi Petunjuk Mitigasi Bencana Pemerintah

"Hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah dapat kembali menikmati akses listrik," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 14 Desember 2021.

Aktivitas Gunung Semeru pada Minggu 12 Desember 2021 pagi.

Photo :
  • ANTARA/VJ Hamka Agung
Gunung Ruang Erupsi dalam Hitungan Jam, PVMBG Harus Selalu Siaga

Namun, Haryanto menjelaskan bahwa masih ada sekitar 615 pelanggan yang sampai saat ini listriknya belum bisa dinyalakan.

"Karena zonanya belum aman serta kondisi rumah-rumah pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan itu rusak parah. Rumah warga tersebut juga telah ditinggal penghuninya mengungsi," ujarnya.

Gunung Ruang Sudah Lazim Keluarkan Awan Panas, Menurut PVMBG

Lebih lanjut, Haryanto mengatakan bahwa pihak PLN masih akan menunggu keputusan pemerintah, terkait dengan rumah-rumah pelanggan yang berada di zona belum aman tersebut.

"Kami siap dan kooperatif membuat jaringan kelistrikan di tempat baru apabila pemerintah akan merelokasi rumah-rumah yang berada di zona belum aman, atau alternatif lainnya," ujarnya.

Tim SAR gabungan menggali material guguran awan panas Gunung Semeru saat pencarian korban yang tertimbun material itu di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 7 Desember 2021.

Photo :
  • ANTARA/Zabur Karuru

Pada kesempatan yang sama, Komisaris PLN, Eko Sulistyo, mengapresiasi penuh upaya dan gerak cepat personel PLN dalam memulihkan jaringan listrik di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru itu.

Eko juga tak lupa memberikan semangat kepada para personel PLN dan relawan, yang telah  berjuang selama berhari-hari guna membantu kondisi masyarakat pascaerupsi Semeru tersebut.

"Semangat untuk kita semua agar bisa memulihkan kondisi kelistrikan, dan bisa membantu masyarakat untuk kembali bangkit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya