Gunung Ruang Erupsi dalam Hitungan Jam, PVMBG Harus Selalu Siaga

Erupsi Gunung Ruang di Sitaro Sulut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Manado - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan pihaknya akan menambah peralatan untuk memantau aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Masih Ada 1 Juta Meter Kubik Endapan Sisa Erupsi Teronggok di Marapi, Kata Kepala BMKG

"Mungkin di sini kita harus mulai terbiasa bahwa respons untuk Gunung Ruang selalu siaga, itu hitungan jam erupsinya," kata Hendra di Manado, Jumat, 3 Mei 2024.

Dia menjelaskan pada 16 April 2024 status Gunung Ruang naik menjadi Waspada (Level II) karena kegempaan naik dari tidak ada menjadi 10 kali dan naik lagi menjadi 40 kali.

Gempa di Gunung Ibu Masih Mencapai Ribuan Kali dalam Sehari, Menurut PVMBG

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Photo :
  • ANTARA

Selanjutnya padahari yang sama, pukul 16.00 WITA statusnya kembali dinaikkan menjadi Siaga (Level III) , padahal dari pengalaman naik status bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan beberapa bulan.

Gunung Semeru Erupsi Lagi Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter, Menurut Pos Pengamatan

"Satu hari kemudian statusnya meningkat jadi Awas (Level IV). Inilah yang harus dipotret, Gunung Ruang yang harus kita hadapi. Ke depannya perlu kesiapsiagaan semua pihak terutama masyarakat yang tinggal tidak jauh dari Gunung Ruang bila ke depannya ada hal-hal seperti ini lagi," ungkap Hendra.

Biasanya, kata dia, gunung kalau sudah terjadi erupsi sekali akan membutuhkan waktu yang lama, namun tidak demikian dengan Gunung Ruang yang kembali erupsi tanggal 30 April setelah jeda beberapa hari.

Pukul 21.30 WITA, katanya, status Gunung Ruang dinaikkan jadi Awas Level IV, bahkan paginya pukul 09.00 Wita areanya diperluas dari enam kilometer menjadi tujuh kilometer.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram

"Kami akan memasang lagi peralatan di Gunung Ruang agar kita bisa sejak awal melakukan antisipasi. Tim sudah ada dengan peralatannya, hanya tidak ada yang bisa masuk ke sana, karena nakhodanya tidak ada di Tagulandang untuk pasang alat. Kami membutuhkan perahu jadi mohon dibantu," harap Hendra. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya