Ditangkap di Tembagapura, Anggota KKB Lupa Waker Ternyata Terlibat Penembakan WNA di Kuala Kencana

Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Junius Waker alias Lupa Waker
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua Tengah – Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Junius Waker alias Lupa Waker, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa, 21 Mei 2024.

Hibah Alkes untuk Penanganan Malaria di Papua, Ikut Disaksikan Wantimpres

Lupa Waker, laki-laki berumur 21 tahun itu beralamat di Kp. Kimbeli, Distrik Tembagapura. Dia merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan sudah bergabung sejak tahun 2015.

VIVA Militer: Panglima TPNPB-OPM, Jenderal Goliath Tabuni

Photo :
  • Youtube
4 Ruas Inpres Jalan Daerah di Provinsi Papua Selesai, Bukti Dukungan Kementerian PUPR ke Kawasan 3T

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani menjelaskan bahwa pentolan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni itu sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Puncak.

"Ya benar, Junius Waker adalah DPO Polres Puncak atas aksi Pembakaran Camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak. Junius Waker juga merupakan anggota KKB aktif pimpinan Goliath Tabuni, untuk perannya masih akan di dalami oleh penyidik Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz di Timika," ujar Faizal dikutip Rabu, 22 Mei 2024.

Tumbuh 11,1%, Laba Bersih BCA Capai Rp 26,9 Triliun di Semester I-2024

Sejumlah anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat sedang berpose bersama senjatanya di kawasan Tembagapura Timika, November 2017.

Photo :
  • VIVA.co.id/tpnpbnews

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Dr. Bayu Suseno saat memberikan keterangan menyampaikan bahwa anggota KKB Lupa Waker merupakan pelaku pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari tahun 2021 lalu.

“Junius Waker adalah DPO Polres Puncak atas aksi pembakaran camp dan alat berat milik PT. Unggul. Junius Waker alias Lupa Waker merupakan anggota KKB aktif pimpinan Goliath Tabuni yang terlibat dalam beberapa aksi penembakan,” tutur Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP. Dr. Bayu Suseno.

3 Aksi Penembakan

Adapun KKB Junius Waker alias Lupa Waker terlibat langsung dalam 3 aksi penembakan yaitu;

1.    Tanggal 03 November 2017, terlibat dalam penembakan mobil LWB warna putih bertempat di MP 69

2.    Tanggal 27 Maret 2020, terlibat dalam penembakan terhadap Warga Negara Asing di Kuala Kencana yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 2 orang mengalami luka.

3.    Tanggal 19 Desember 2019, terlibat dalam penembakan terhadap anggota TNI (Ops Nemangkawi) yang sedang Patroli yang mengakibatkan 1 anggota TNI Meninggal Dunia dan 3 orang anggota TNI.

Bayu menambahkan bahwa saat ini anggota KKB Junius Waker alias Lupa Waker masih berada di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Timika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ya tersangka Junius Waker masih berada di Posko ODC di Timika untuk menjalani proses pemeriksaan guna mengetahui peranannya di KKB Puncak Pimpinan Goliath Tabuni,” tutup Bayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya