Harga Emas Hari Ini 21 Desember 2021: Global Naik, Antam Turun

Emas Batangan.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger/am.

VIVA – Harga emas internasional dibuka naik tipis pada perdagangan Selasa pagi, karena pedagang khawatir terhadap melonjaknya kasus virus corona Omicron. Selain itu, pasar juga khawatir pada kenaikan suku bunga AS yang bertujuan untuk menjinakkan inflasi.

Rudal Milisi Houthi Hantam Kapal Induk Nuklir Amerika

Dilansir dari Economic Times, pada Selasa 21 Desember 2021, harga emas di pasar spot naik sebesar 0,1 persen ke level US$1.790,57 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS turun sebesar 0,2 persen ke level US$1.790,60 per ons.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa Inggris memperketat pembatasan virus corona untuk memperlambat penyebaran varian Omicron, setelah Belanda memulai penguncian dan ketika negara Eropa lainnya mempertimbangkan pembatasan Natal.

Perkuat Pertahanan Indo-Pasific, Panglima TNI Bertemu Dengan Panglima Angkatan Bersenjata Inggris

Baca juga: Bareskrim Cokok Lagi Pelaku Penipuan Investasi Bodong Alkes Rp1,3 T

Akibat hal itu, dolar NSE juga tercatat -5.49 persen atau melayang di bawah capaian tertingginya baru-baru ini. Hal itu juga setelah kehilangan kekuatan akibat pukulan terhadap rencana pengeluaran partai Demokrat di Washington.

Harga Emas Hari Ini 31 Mei 2024: Global dan Antam Kompak Berkilau

Kemudian, Saham AS ditutup melemah lebih dari 1 persen semalam, tertekan oleh melonjaknya kasus virus corona Omicron dan kemungkinan pukulan fatal terhadap tagihan pengeluaran domestik US$1,75 triliun, dengan harga minyak jatuh.

Sementara, Moderna Inc mengatakan bahwa dosis booster vaksin COVID-19-nya tampaknya melindungi terhadap Omicron yang menyebar cepat dalam pengujian laboratorium dan suntikan kali ini akan menjadi garis pertahanan pertama melawan Omicron.

Emas Domestik

Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sementara itu, Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp934 ribu per gram. Harga tersebut turun Rp1.000 per gram dibandingkan dengan perdagangan kemarin.             

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp829 ribu per gram. Harga itu turun Rp1.000 per gram dibanding perdagangan kemarin.        

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,44 juta, 10 gram Rp8,83 juta, 25 gram Rp21,96 juta, dan 50 gram Rp43,84 juta.    

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp87,61 juta, 250 gram Rp218,76 juta dan emas 500 gram Rp437,32 juta.    

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp517 ribu dan 1.000 gram senilai Rp874,6 juta.                 

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk ukuran emas 1.000 gram sedang tidak tersedia di butik logam mulia Antam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya