Kadin dan Kemendikbud Ristek Sepakat Bersinergi

Ilham Habibie.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Misrohatun

VIVA – Kepala Badan Riset dan Teknologi Kadin Indonesia, Ilham Habibie, menemui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Prof. Nizam, dalam sebuah pertemuan silaturahim yang digelar oleh kedua belah pihak.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Dalam pertemuan tersebut, Ilham menekankan perlunya bagi Indonesia untuk melakukan lompatan dalam hal penguasaan dan pengembangan teknologi.

"Supaya Indonesia dapat masuk ke dalam kategori negara maju," kata Ilham dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 Desember 2021.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Ilham Habibie

Photo :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

Hal itu pun disambut baik oleh Prof. Nizam. Dia mengakui bahwa pihaknya saat ini memang tengah mengembangkan sejumlah program kemitraan.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

"Antara lain berupa 'matching fund', yang akan diberikan oleh pemerintah pada setiap inisiatif yang dilakukan oleh pihak dunia usaha terkait pengembangan teknologi tersebut," ujar Prof. Nizam.

Hal senada juga diutarakan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM, Teguh Anantawikrama, yang mengaku sangat antusias dengan hasil pertemuan kedua pihak tersebut.

Menurutnya, dalam pertemuan yang berlangsung di suasana yang sangat bersahabat dan cair itu, ternyata banyak ditemukan kesamaan pandangan pada gagasan-gagasan yang dikemukakan baik oleh Badan Ristek Kadin maupun oleh Dirjen Risktek Dikti.

"Terutama soal pandangan agar bagaimana Indonesia bisa melakukan 'leap frog' menjadi negara maju," ujarnya.

Sebagai informasi, pertemuan kedua belah pihak ini rencananya akan ditindaklanjuti dengan pembentukan gugus tugas, yang bertujuan mencapai sinergi maksimal antara dunia usaha dan dunia akademis di bawah arahan Ditjen Ristek Dikti.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya