Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning Resmi Beroperasi

Inagurasi Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA – Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) Resmi Beroperasi pada Selasa, 28 Desember 2021. Lapangan yang berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini memiliki luas area 23,71 Km² yang terdiri dari Wilayah Kerja Kemuning dan Wilayah Kerja Alas Dara. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Direktur PEPC ADK Deddy Syam mengatakan Wilayah Kerja (WK) ini diperkirakan akan menambah produksi gas sebesar 3,5 MMSCFD dan akan dialirkan langsung kepada Pertagas Niaga sebagai buyer pada proyek ini. 

Deddy menuturkan bahwa Inagurasi On Stream ADK ini menjadi energi penyemangat di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. 

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Baca juga: Revitalisasi Bandara Halim, Penerbangan Pindah Pondok Cabe dan Soetta

“Kami berkomitmen untuk menjaga ketahanan energi nasional melalui kegiatan-kegiatan dalam upaya penambahan cadangan migas, salah satunya dengan on stream-nya lapangan Alas Dara Kemuning ini,” ujar Deddy dalam keterangan tertulisnya, Selasa 28 Desember 2021. 

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Pada kesempatan ini, Deddy juga menjelaskan bahwa di dalam seluruh kegiatan operasinya selalu mengedepankan aspek HSSE. 

Kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh PEPC ADK di Struktur Alasdara dan Kemuning mendapatkan hasil Struktur Kemuning, Sumur NGU – IX. Produksi hidrokarbon diproses lanjut dengan melakukan pemisahan antara gas, kondensat, dan air. 

Kemudian, gas hasil pemisahan di separator akan dikirim menuju titik serah gas dan liquid terproduksi diproses lebih lanjut di Stasiun Pengumpul Nglobo. 

Pengeboran minyak Pertamina.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Bupati Kabupaten Blora Arief Rohman, mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas kerja keras dan kekompokannya dalam memberikan sumbangsihnya terhadap Kabupaten Blora. 

“Kami mengucapkan selamat atas Inagurasi On Stream lapangan PEPC ADK ini, semoga manfaatnya dapat dirasakan untuk Indonesia dan khususnya untuk Kabupaten Blora,” ujar Arief. 

Perlu diketahui, Pertamina terus menunjukan komitmennya dalam melakukan pencarian cadangan migas. Selain Inagurasi On Stream PEPC ADK ini, Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan cadangan dan produksi. 

Berbagai program dilakukan diantaranya Pengeboran, Kegiatan Pengembangan, Kegiatan Perawatan Sumur serta Kegiatan Operasi lainnya. PEPC ADK yang merupakan bagian dari Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina terus berupaya menghasilkan energi untuk bangsa Indonesia dan terus berkontribusi untuk mencapai target nasional produksi minyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya