BPS: Cabai dan Minyak Goreng Picu Inflasi Desember 2021 Naik

Cabai rawit
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan kenaikan harga cabai rawit dan Minyak Goreng mendorong inflasi pada Desember 2021 sebesar 0,57 persen. Inflasi itu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang dua tahun terakhir.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Kepala BPS Margo Yuwono mencatat, secara month to month (mtm) inflasi Desember 2021 tercatat sebagai inflasi tertinggi sepanjang dua tahun terakhir. Sementara secara tahun ke tahun (yoy) sebesar 1,87 persen dan juga tertinggi sejak Juli 2020.

Menurut Margo, kenaikan harga cabai rawit memiliki andil sebesar 0,11 persen dan minyak goreng memiliki andil 0,08 persen terhadap kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau yang jadi pemicu terjadi inflasi pada Desember.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 3 Januari 2022: Global Stagnan, Antam Meroket

Adapun untuk kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau itu sendiri secara keseluruhan memiliki andil mencapai 0,41 persen terhadap inflasi Desember 2021 yang sebesar 0,57 persen.

Daftar Harga Pangan 8 Mei 2024: Daging hingga Minyak Goreng Naik

"Selain cabai rawit, komoditas yang turut memicu kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau memiliki andil besar terhadap inflasi Desember adalah telur ayam ras sebesar 0,05 persen," kata Margo dalam telekonferensi, Senin 3 Januari 2021.

Minyak Goreng Curah

Photo :
  • ANTARA/Aldino Anatusa

Sementara itu, inflasi Desember 2021 juga turut didorong oleh kelompok pengeluaran transportasi dengan andilnya sebesar 0,07 persen. Hal itu, karena tarif angkutan udara juga meningkat akhir tahun ini.

“Kelompok transportasi memiliki andil terhadap inflasi sebesar 0,07 persen karena adanya kenaikan tarif angkutan udara dengan andil sebesar 0,06 persen,” ujar Margo. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya