Resmikan Renovasi Pasar Johar, Jokowi Titip Ini ke Warga Semarang

Presiden Jokowi resmikan Pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hari ini, Rabu sore meresmikan Pasar Johar yang telah rampung dibangun pascakebakaran beberapa tahun lalu.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendampingi langsung Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Presiden Jokowi pun meminta agar kawasan Pasar Johar bisa dijaga bersama, sehingga kejayaan pasar di waktu lalu dapat dikembalikan. Ia menegaskan, pasar yang ramai menandakan ada pergerakan ekonomi masyarakat dengan transaksi dan aktivitas jual beli yang menggerakkan rantai ekonomi rakyat.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Saya titip, jaga kebersihan, jaga keamanannya. sehingga pasar ini betul-betul menjadi pasar yang bersih, rapi, tertata, dan tidak jadi pasar yang kotor dan bau. Mari mengembalikan kejayaan Pasar Johar masa lalu dan sebagai landmark Kota Semarang," imbau Jokowi.

Pasar Johar Semarang terbakar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Sementara itu Wali Kota Semarang. Hendrar Hendi Prihadi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang telah memberi perhatian pada Kota Semarang. Sehingga kawasan Pasar Johar dapat terbangun kembali, setelah mengalami musibah kebakaran.

Ia mengungkapkan, butuh biaya yang sangat besar untuk membangun kembali Pasar Johar. Pemkot Semarang sendiri bahkan tak kurang telah mengeluarkan anggaran lebih dari Rp157 miliar untuk penguatan struktur hingga pembangunan kawasan, termasuk alun-alun.

Sedangkan Pemerintah Pusat mengalokasikan sekitar Rp146 miliar untuk pembangunan Pasar Johar Utara dan Tengah. Sedangkan Pasar Johar Selatan dibangun dengan biaya sekitar Rp103 miliar, serta Rp20,3 miliar untuk Pasar Kanjengan untuk meningkatkan daya tampung pedagang.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Pak Presiden, Pak Menteri PUPR, lalu juga Kementerian Perdagangan, dan juga seluruh pihak di tingkat pusat hingga kota yang telah memberi perhatian, sehingga kawasan Pasar Johar dapat terbangun kembali," jelas Hendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya