Komunitas Binaan Airlangga Borong Produk UMKM di Jateng dan Yogya

Ilustrasi pelaku usaha UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Komunitas UMKM usAHA, bina Ketua Umum Golkar dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, berkeliling Jawa Tengah dan Yogyakarta. memborong sejumlah produk UMKM di kedua daerah itu. Hal ini merupakan bagian dari kampanye belanja di UMKM yang digaungkan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Kegiatan yang dikemas dalam rangkaian usAHA on The Road ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang berlangsung akhir tahun lalu di Jawa Barat.

"Program ini sudah di lakukan di Kota Semarang dan akan dilakukan di Kabupaten Semarang, Salatiga, Solo, kemudian di Yogyakarta," jelas Ongki dikutip dari keterangannya, Rabu, 12 Januari 2021.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Ongki menuturkan, kegiatan usAHA Borong Usaha ini berhenti di satu titik tempat berkumpulnya pedagang kaki lima dan memborong dagangannya untuk dibagikan pada masyarakat secara gratis.

"Intinya kita bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM. Selain bermanfaat untuk pedagang, ini bermanfaat juga untuk warga, bisa nyicipin gratis dagangan si PKL ini. Siapa tau ke depannya jadi langganan," tutur Ongki. 

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Salah satunya adalah, Bagus Utama (22). Mahasiswa asal Kendal ini mengatakan dirinya sudah sering mendengar soal komunitas UMKM usAHA. 

Dia sengaja datang ke lokasi kegiatan usAHA Borong Usaha untuk menikmati kudapan gratis. Bagus mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang kecil, terlebih di tengah situasi pandemi. 

"Menurut saya, kegiatan ini bagus dan bermanfaat banget, karena sangat membantu pedagang kecil, selain itu buat masyarakat juga baik karena bisa nyicipin jajanan UMKM kita, terus masyarakat jadi tau kalau Pak Airlangga Hartarto ini punya program khusus untuk meningkatkan UMKM. Di sisi lain, kan masih kondisi pandemi, jadi bisa menolong pegadang kecil lah intinya," kata Bagus. 

Sebagai informasi UMKM usAHA adalah komunitas UMKM binaaan Airlangga Hartarto, yang kegiatannya berfokus pada pemberdayaan UMKM. Tidak hanya usAHA Borong Usaha, komunitas tersebut juga memiliki program lain.

usAHA borong produk UMKM.

Photo :
  • Dokumentasi usAHA.

Seperti pelatihan WirausAHA Maju, lalu usAHA Bantu Usaha yang bertujuan untuk membantu masalah permodalan. Dan usAHA Kita yang membantu mempromosikan dagangan UMKM secara digital. 

Menurut Ongki, komunitas UMKM usAHA telah terbentuk di Kota Semarang sejak setahun lalu. Dan hingga saat ini ada 830 UMKM yang sudah tergabung.

"Kegiatan ini sejalan dengan program pembina kami Pak Airlangga Hartarto, untuk mendorong  pemulihan ekonomi di masa pandemi. Apalagi kan UMKM ini ya pilar ekonomi bangsa," tutup Ongki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya