Januari 2022, Penyaluran KPR Sejahtera FLPP BTN Naik 473 Persen

Ilustrasi pembiayaan perumahan BTN.
Ilustrasi pembiayaan perumahan BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk mencatat, penyaluran Kredit Pembiayaan Rumah (KPR) Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR Sejahtera FLPP) meroket. Sebanyak 13.192 unit pembiayaan disalurkan pada Januari 2022, atau sebesar 473 persen lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 2.302 unit.

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo mengungkapkan, dari realisasi itu, 11.117 unit di antaranya adalah KPR Sejahtera konvensional. Penyebaran penyaluran KPR Sejahtera FLPP sendiri terbesar di Jawa, disusul wilayah Sumatera  kemudian Sulawesi dan Maluku. 

“Kami mengoptimalkan seluruh kanal distribusi untuk KPR Sejahtera, bekerjasama dengan developer, para agen properti serta menyelenggarakan akad KPR Sejahtera secara massal di seluruh Kantor Cabang Bank BTN,” kata Haru dikutip dari keterangannya, Rabu, 2 Februari 2022.

Haru menambahkan, BTN akan terus menjemput bola guna menyalurkan pembiayaan murah kredit rumah untuk masyarakat ini. Misalnya menggalang kerja sama dengan swasta maupun instansi yang memiliki debitur potensial sesuai dengan persyaratan BTN. 

Kemudian, menggandeng para developer yang mulai aktif melakukan penjualan dan membuka lahan baru untuk dibangun perumahan subsidi. 

“Saat ini, semua Bank berkompetisi untuk dapat memenangkan pasar KPR Sejahtera, karena itu BTN dengan pengalaman yang panjang memberikan kualitas pelayanan kredit yang lebih baik dan cepat akan menjadi nilai tambah,” kata Haru.

Di samping itu, Haru menjelaskan, BTN terus mencari pasar yang potensial untuk penyaluran KPR Sejahtera FLPP maupun program KPR Subsidi yang lain. Untuk itu, BTN tengah melakukan kajian terutama bagi pekerja sektor informal seperti pedagang pasar, nelayan, dan lain sebagainya.