Alasan Bahlil Mendadak Gantikan Arifin Tasrif Jadi Menteri ESDM

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Presiden Jokowi telah menunjuk secara langsung Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, untuk menjabat sementara posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hal itu dilakukan karena sang Menteri ESDM, Arifin Tasrif, saat ini tengah menjalani isolasi mandiri akibat COVID-19.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, turut mengamini adanya pergantian sementara Menteri ESDM tersebut.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Baca juga: Jokowi Tunjuk Bahlil Lahadalia Jadi Ad Interim Menteri ESDM

"Pak Menteri dalam kondisi baik. Sekarang sedang isoman. Insha Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," kata Agung dalam pesan yang diterima VIVA, Jumat 4 Februari 2022.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Diketahui, keputusan Presiden Jokowi menunjuk Bahlil menggantikan sementara posisi Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM itu, mengacu pada surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022.

Menteri ESDM Arifin Tasrif

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

Di dalam beleid itu, Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim.

Dengan demikian, Bahlil yang telah menjabat secara ad interim sebagai Menteri ESDM itu pun, segera menggelar rapat perdana dengan jajaran Eselon 1 Kementerian ESDM pada hari ini, Jumat 4 Februari 2022, guna berkoordinasi tekait penugasan sementaranya tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya