Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Angkasa Pura II

VIVA – Bandara Soekarno Hatta masuk ke dalam 10 bandara tersibuk di dunia pada Januari 2022. Hal itu ditetapkan oleh Official Airline Guide (OAG) yang mencatat kapasitas kursi penumpang baik domestik maupun internasional sebanyak 2,82 juta kursi penerbangan.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Masuknya Bandara Soekarno Hatta sebagai bandara tersibuk dikarenakan pasar domestik Indonesia yang besar. Rute penerbangan Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Makassar juga masuk di dalam daftar 10 rute domestik tersibuk di dunia pada Januari 2022 berdasarkan kapasitas kursi penerbangan.

Bahkan OAG menyebut, bahwa pada Januari 2022 ini peringkat Bandara Soekarno Hatta lebih baik dibandingkan dengan masa sebelum pandemi yakni pada Januari 2019 di peringkat ke 15.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Selain Soekarno Hatta, bandara lain yang memiliki pasar domestik besar di dalam daftar ini adalah bandara di Dallas dan Denver Amerika Serikat, serta bandara di Delhi India.

Sedangkan, Bandara Hartsfield-Jackson di Atlanta, AS, berada di peringkat ke 1 dengan total kapasitas 4,39 juta kursi penerbangan.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Bandara Soekarno-Hatta

Photo :
  • Angkasa Pura II

VP of Corporate Communications AP II Hufron Kurniadi mengatakan, sektor penerbangan nasional memiliki peran yang sangat penting, khususnya di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Adapun dengan penerapan protokol kesehatan sesuai best practice global ini juga mendukung Bandara Soekarno Hatta masuk dalam daftar bandara tersibuk di dunia.

“Bandara-bandara AP II bersama stakeholder berkomitmen untuk menjaga konektivitas udara dengan memenuhi seluruh regulasi dan protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi, sehingga sektor penerbangan nasional dapat berkontribusi optimal terhadap penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Hufron melalui keterangannya pada Rabu, 9 Februari 2022.

Sementara itu, Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (KCU BSH) Agus Haryadi mengatakan, saat ini penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta didominasi oleh penumpang rute domestik.

“Setiap harinya, penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 95 persen merupakan penumpang rute domestik. Penerbangan internasional memang masih dibatasi. Hal ini menandakan bahwa Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar untuk penerbangan domestik dapat tetap menjaga konektivitas udara di Indonesia di tengah pandemi,” ujar Agus.

Sebagai informasi, OAG merupakan penyedia informasi penerbangan global yang berbasis di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya