Bersihkan Laut, Jokowi Sebut RI Bakal Ubah Sampah Plastik Jadi Listrik

Presiden Jokowi di Hari Pers Nasional 2022.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo turut menyampaikan pidatonya dalam acara One Ocean Summit yang digelar di Prancis 9-11 Februari 2022. Pertemuan itu bertujuan untuk memobilisasi masyarakat internasional agar mengambil tindakan nyata menuju pelestarian dan mendukung laut yang sehat dan berkelanjutan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik di lautan. Salah satu caranya yakni Indonesia tengah berusaha memanfaatkan sampah plastik menjadi tenaga listrik.

"Kami juga berkomitmen untuk mengurangi 70 persen sampah plastik laut pada tahun 2025. Berbagai upaya terus dijalankan mulai dari rencana aksi penanganan sampah plastik laut, hingga pembangunan pembangkit listrik berbahan baku sampah yang mengkonversi 1.000 ton sampah per hari menjadi 10 Megawatt listrik," kata Jokowi, Jumat, 11 Februari 2022

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Selain itu Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia akan melakukan rehabilitasi hutan magrove seluas 600 ribu hektare sampai dengan tahun 2024 nanti. Upaya ini diyakini tidak hanya berdampak pada kelestarian lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan, namun juga akan berdampak pada perubahan iklim.

"Pada COP26 tahun yang lalu bersama negara-negara archipelagic and Island state forum, Indonesia menyerukan pentingnya keterkaitan antara laut dan perubahan iklim. Indonesia yakin dengan dukungan internasional negara-negara kepulauan dan negara-negara pulau kecil dapat menjadi bagian dari solusi," ujar Jokowi.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Tumpukan sampah plastik yang berserakan di Pantai Padang, Sumatera Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menambahkan, pengelolaan lingkungan laut perlu ditempatkan dalam dimensi pembangunan berkelanjutan dan menjadi bagian untuk mendukung pemulihan ekonomi dari dampak pandemi. Indonesia, telah mengambil langkah terobosan antara lain kebijakan penangkapan ikan terukur dan berbasis kuota yang didukung sistem pengawasan terintegrasi berbasis teknologi.

Indonesia juga melakukan pengembangan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan dan kelestarian komoditas bernilai ekonomi tinggi. 

"Di tingkat Global Indonesia terus mendukung pengarusutamaan isu kelautan. Presidensi G20 Indonesia akan mengangkat pentingnya ekonomi biru, karbon biru, dan penanganan sampah laut. Indonesia siap bermitra dengan semua pihak bagi terwujudnya ekosistem laut yang berkelanjutan," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya