Jokowi Lepas Ekspor Perdana Mobil Toyota Rakitan RI ke Australia

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Infomasi Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Jokowi melepas ekspor perdana mobil Toyota buatan Indonesia ke Australia Selasa 15 Februari 2022. Australia menjadi benua keempat tujuan ekspor mobil secara utuh dari Indonesia setelah Asia, Amerika, dan Afrika.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pandemi bukan hanya menghadirkan ujian dan tantangan bagi dunia usaha dan industri. Tetapi pandemi juga dapat menjadi peluang mengambil pasar-pasar baru.

"Peluang itu hari ini telah terbukti diambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manucfacturing dengan ekspor perdananya ke Australia," kata Jokowi, Selasa 15 Februari 2022.

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

Baca juga: Waduh, Cuma 3 Miliarder Terkaya di RI Hartanya Cuan Hari Ini

"Karena itu saya sangat menghargai sangat mengapresiasi. Karena apapun tadi kita sudah melihat produknya fortuner selain produk-produk yang lain ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor," tambahnya.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Jokowi mengingatkan, produk-produk yang akan diekspor ini nantinya akan bersaing dengan produk lain dari negara produsen mobil. Oleh karena itu kualitas pembuatan harus tetap diperhatikan jangan sampai kalah saing dengan negara lain.

"Jadi bukan hanya sendirian di pasar tetap bersaing dan konsumen itu akan memilih kalau produk kita memiliki kualitas, kualifikasi yang baik untuk dipakai. Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik di dalam memproduksi mobil," kata Jokowi.

Pekerja sedang mengecek mobil Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.

Photo :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

Jokowi meyakini SDM di Tanah Air memiliki ketelitian, kecermatan dam kehati-hatian dalam memproduksi mobil. Karena ini menyangkut keselamatan orang, baik pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

"Saya sangat menghargai upaya Menperin dalam terus mengekspor mobil ke negara-negara tadi disampaikan hampir 80an negara yang kita telah ekspor di 4 benua dan yang saya seneng juga bahwa kandungan lokalnya TKDnya sudah lebih dari 75 persen, local purchasenya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya