Harga Emas Hari Ini 3 Maret 2022: Global dan Antam Kompak Stagnan

Emas batangan di Pabrik Logam Mulia Sekunder Shchyolkovo.
Sumber :
  • ANTARA/Sergei Fadeichev/TASS

VIVA – Harga emas internasional dibuka datar pada perdagangan Kamis pagi, usai ketua Federal Reserve AS mencoba meredakan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga acuan yang agresif sehingga imbangi permintaan logam mulia.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Dilansir dari Economic Times, Kamis 3 Maret 2022, harga emas di pasar spot tak bergerak atau bertahan di level US$1.927,18 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS naik sebesar 0,4 persen ke level US$1.929,90 per ons.

Konflik Rusia-Ukraina yang masih terus berlangsung masih menjadi perhatian investor sehingga pengaruhi harga emas. Bahkah, usai Rusia menghantam kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Baca juga: Tak Ikut Jatuhkan Sanksi, China: Aksi Rusia ke Ukraina Bukan Invasi

Selain itu, serangan terbesar di negara Eropa sejak 1945 telah menyebabkan lebih dari 870.000 orang mengungsi, menyebabkan rentetan sanksi terhadap Rusia, dan memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Barat.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Lalu, putaran sanksi baru yang diumumkan oleh Gedung Putih melarang ekspor teknologi penyulingan tertentu, bisa mempersulit Rusia untuk memodernisasi kilang minyaknya.

Sehingga, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bank sentral akan "hati-hati" menaikkan suku bunga pada pertemuan Maret mendatang tetapi siap untuk bergerak lebih agresif jika inflasi tidak mereda secepat yang diharapkan.

Emas Antam

Sementara itu, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) untuk hari ini, dibanderol seharga Rp987 ribu per gram. Harga tersebut tak bergerak atau stagnan jika dibandingkan dengan perdagangan kemarin.  

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan Rp892 ribu per gram. Harga itu tak bergerak dibandingkan perdagangan kemarin.

Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,71 juta, 10 gram Rp9,36 juta, 25 gram Rp23,28 juta, dan 50 gram Rp46,49 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp92,91 juta, 250 gram Rp232,01 juta dan emas 500 gram Rp463,82 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp543,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp927,6 juta.

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk semua ukuran emas sedang tersedia di butik logam mulia Antam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya