Pembangunan IKN Nusantara Berkonsep Smart City, BSSN Siapkan Ini

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Sumber :
  • Antara

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia telah secara resmi mengesahkan Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada 18 Januari 2022. UU Ini menjadi sebuah kepastian hukum dalam pelaksanaan pemindahan ibu kota negara baru.

Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang Bakal Diuji Coba di IKN Juli Tahun Ini

Pembangunan IKN merupakan upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesiasentris dan menjadi bagian transformasi ekonomi untuk meningkatkan nilai tambah perekonomian guna merealisasikan Visi Indonesia 2045.

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian menegaskan pihaknya siap mendukung pembangunan IKN Nusantara dengan konsep smart city atau kota pintar. Dalam hal ini ditegaskan peran teknologi siber sangatlah penting.

OIKN Hadirkan Sekolah Bertaraf Internasional di IKN

“BSSN senantiasa berperan aktif dalam menjalankan tugas keamanan siber yang terkait program-program pemerintah terkini,” ujar Hinsa dikutip dari keterangannya, Rabu, 9 Maret 2022.

Dia menjabarkan, Pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur bukan hanya pemindahan pusat Pemerintahan, namun juga untuk membangun kota baru yang cerdas. Smart city merepresentasikan sebuah kota yang berkinerja baik dengan berpandangan terhadap ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup.

MJEE Pasok LIft dan Eskalator Buat Kantor Pemerintahan hingga Rusun ASN di IKN

Pada smart city aspek keamanan siber menjadi hal yang krusial, hal ini guna memberikan perlindungan yang efektif terhadap risiko gangguan di ranah siber. Terkait keamanan siber ini BSSN bersama kementerian terkait terus menyiapkan hal-hal mendasar yang dibutuhkan dalam pembangunan.  

Menurutnya, BSSN telah menyiapkan Pusat Pengembangan SDM yang dilengkapi dengan sarana berupa simulator smart city Cybersecurity Online Simulation Platform di Sentul, Bogor. 

"Cybersecurity Online Simulation Platform menyediakan sarana pendukung kegiatan peningkatan kompetensi SDM Keamanan Siber dalam hal proses tanggap insiden siber dalam bentuk platform lab simulasi yang dapat diakses oleh seluruh peserta secara online," tambahnya.

Lebih lanjut menurutnya, sistem simulasi dapat memodelkan infrastruktur siber smart city. Sehingga dapat menjadi media pembelajaran terkait dalam upaya membangun kapabilitas dalam proses tanggap insiden, pendeteksian serangan siber, serta mitigasi khususnya pada sistem elektronik yang berkaitan dengan sektor-sektor yang ada di dalam smart city. 

Sistem yang dimiliki mencakup delapan sektor yaitu, industri, sektor transportasi udara, sektor energi, sektor kesehatan, transportasi darat, sektor sumber daya air, sektor finansial, jasa keuangan dan asuransi dan sektor telekomunikasi.

BSSN kembangkan pembangunan smart city.

Photo :
  • Dokumenatasi BSSN.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bahwa, Ibu Kota Negara dengan nama Nusantara merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia. 

Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia itu menjadi modal sosial untuk memajukan kesejahteraan rakyat, untuk Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan Pembangunan IKN yang mengusung Kota Dunia untuk Semua menjadi awal peradaban baru bagi Indonesia. 

IKN memiliki tiga tujuan utama simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya