Harga Pertamax Naik 1 April, Ahok Pastikan Tak Sampai Rp16.000/Liter

Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
Sumber :
  • Dokumentasi Pertamina.

VIVA – Mulai 1 April 2022 besok harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dikabarkan resmi naik. Harga per liter Pertamax dikabarkan akan berada di kisaran Rp12.000 per liter dari sebelumnya Rp9.000 per liter.

Konsumsi BBM Skutik Yamaha Fazzio dari Yogyakarta ke Solo Tembus 83 Km/Liter

Harga Pertamax per liter itu dipastikan jauh dari harga Rp16 ribu seperti harga keekonomian yang sempat disampaikan Kementerian ESDM. Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memastikan kenaikan harga Pertamax tidak akan sampai Rp16 ribu per liter.

"Tidak mungkin ke Rp16.000", kata Ahok saat dihubungi VIVA, Kamis 31 Maret 2022.

PDIP Masih Cermati Peluang Duet Anies dan Ahok dalam Pilkada 2024

Dihubungi terpisah, Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengaku, pihaknya masih melakukan kajian terkait berapa harga yang akan diberlakukan pada Pertamax nantinya.

"Kami masih review penyesuaian harganya, termasuk besarannya," kata Irto kepada VIVA.

Kesalahan Fatal Petugas SPBU Picu Amarah Pengguna LCGC, Minta Pertamax Diisi Pertalite!

Pertamax.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Namun, dia memastikan bahwa kenaikan harga yang akan diberlakukan oleh Pertamina terhadap Pertamax itu akan sangat diupayakan untuk tidak membebani masyarakat.

"Kami tetap mempertimbangkan perkembangan minyak dunia dan juga daya beli masyarakat," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian ESDM telah menyatakan dukungannya apabila Pertamina ingin melakukan penyesuaian harga Pertamax. Dalam keterangannya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Agung Pribadi, telah mengonfirmasi mengenai hal tersebut.

"Harga tersebut merupakan cerminan dari harga keekonomian BBM berdasarkan formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM Umum," kata Agung.

Agung menambahkan, batas atas harga jual jenis BBM umum RON 92 untuk Maret 2022 adalah sebesar Rp14.526 per liter. Harga Jual BBM RON 92 di SPBU saat ini memang bervariasi, tergantung para Badan Usaha yang memberlakukannya.

"Saat ini semua SPBU menjual RON 92 di bawah harga batas atas tersebut, di berbagai SPBU tercatat kisaran Rp11.000-Rp14.400 per liter, kecuali Pertamina saat ini masih menjual RON92 atau Pertamax cukup rendah sebesar Rp9.000 per liter,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya