AP I Optimistis Mudik Lebaran Genjot Pemulihan Industri Penerbangan

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA – Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi mengaku sangat optimistis bahwa momentum mudik Lebaran 2022 akan kembali memulihkan pergerakan sektor transportasi, khususnya sektor transportasi udara.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Dengan pertumbuhan penumpang yang sudah mulai menunjukkan tren positif, Faik memastikan bahwa jumlah penumpang domestik pada periode Januari-April 2022 telah mencapai sekitar 10,9 juta penumpang. 

"Jadi kami optimistis bahwa jumlah penumpang akan melebihi (capaian di tahun) 2021, yang mencapai sebanyak 28 juta penumpang," kata Faik saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 20 April 2022.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Faik menambahkan, jika penerbangan domestik saat kondisi normal bisa mencapai 28 ribu penumpang per hari. Maka kondisi saat ini sudah mencapai sekitar 60 persennya.

"Kita optimistis pergerakan ke depannya akan semakin baik lagi. Terlebih dengan adanya masa mudik dan balik mudik lebaran nanti," ujarnya.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Apalagi, lanjut Faik, hal itu masih ditambah dengan adanya regulasi pelonggaran penanganan COVID-19 oleh Pemerintah. Serta pembukaan kembali rute-rute penerbangan luar negeri.

Ilustrasi/Suasana penumpang di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Photo :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

Dia menilai, optimisme dari sektor penerbangan internasional juga sudah kembali tumbuh. Setelah sebelumnya, AP I vakum melayani 48 rute penerbangan internasional dengan 35 maskapai selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

Faik menjelaskan, saat ini bahkan sudah ada 11 maskapai dengan rata-rata penumpang internasional sebanyak 4.600 penumpang per hari. Di mana, diperkirakan akan ada 16 maskapai yang akan melayani penerbangan internasional di bandara kelolaan AP I, pada akhir Mei 2022 mendatang.

"Kita prediksi (penerbangan internasional) tumbuh 6.000-8.000 penumpang per hari. Meskipun memang masih cukup jauh dari rata-rata jumlah penumpang pada saat kondisi normal, yang bisa mencapai hingga 38 ribu penumpang per hari," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya