Jokowi Janji Akan Buka Lagi Ekspor Minyak Goreng, Ini Syaratnya

Presiden Jokowi dan minyak goreng.
Presiden Jokowi dan minyak goreng.
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai adanya sejumlah kritik terkait keputusannya melarang ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng. Jokowi mengakui memang akan timbul beberapa dampak negatif dari adanya kebijakan ini.

Namun, Jokowi mengaku tetap akan memprioritaskan kebutuhan minyak goreng dalam negeri. Semua dilakukan demi masyarakat Indonesia agar mendapatkan minyak goreng yang murah dan pasokan melimpah.

"Volume bahan baku minyak goreng yang kita produksi dan kita ekspor jauh lebih besar daripada kebutuhan dalam negeri. Masih ada sisa kapasitas yang sangat besar jika kita semua mau dan punya niat untuk memenuhi kebutuhan rakyat sebagai prioritas dengan mudah kebutuhan dalam negeri dapat dicukupi," Kata Jokowi dalam keterangan persnya, Rabu 27 April 2022.

Menurut Jokowi, terpenuhinya kebutuhan dalam negeri dan pasokan yang cukup untuk rakyat Indonesia akan dijadikan acuan untuk mengambil langkah selanjutnya. Jika ketersediaan minyak goreng dalam negeri dinilai aman, maka Jokowi siap membuka kembali keran ekspor minyak goreng Indonesia.

"Begitu kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, tentu saya akan mencabut larangan ekspor karena saya tahu negara perlu pajak, negara perlu devisa, negara perlu surplus neraca perdagangan,"kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo jelaskan soal larangan ekspor minyak goreng

Presiden Joko Widodo jelaskan soal larangan ekspor minyak goreng

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, kepentingan rakyat di atas segalanya. Sehingga negara wajib memenuhi kebutuhan rakyatnya terlebih dahulu baru melakukan ekspor.