Startup Ini Tawarkan Layanan Atasi Penghambat Cuan Penjual Online

Ilustrasi layanan gudang e-Commerce.
Sumber :
  • Dokumentasi Jubelio.

VIVA – Pembatasan mobilitas yang terjadi selama pandemi membuat kebiasaan manusia berubah. Biasanya mereka yang suka berbelanja di mal ataupun berlibur, terhalang oleh aturan lockdown dan akhirnya semua pengeluaran mereka dialihkan ke belanja online di marketplace.

Social Commerce Makin Populer, Indef: Tren Pembayaran COD Melonjak

Hasilnya? Tentu saja, hal ini menguntungkan para seller online yang mengalami lonjakan penjualan. Terlebih lagi, infrastruktur untuk berjualan via daring sudah sangat lengkap, mulai dari marketplace, pengiriman instan, pembayaran cepat dan lainnya.

Pesatnya pertumbuhan jualan online memang memberikan keuntungan bagi penjualnya. Namun di sisi lain, kini muncul masalah baru yang harus mereka hadapi yaitu menyangkut pengelolaan barang yang efisien agar tidak mengganggu penjualan.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Jika pengelolaan barang tidak dilakukan secara benar, maka pemrosesan pesanan ke pelanggan akan terbengkalai. Sebab, semakin besar sebuah gudang untuk kelola barang, maka semakin banyak pula manpower yang dibutuhkan. Tentunya, ini akan memengaruhi cashflow jualan.

Melihat potensi tersebut, Jubelio menawarkan layanan Warehouse Management System (WMS), sebuah sistem digital yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah gudang. Dengan WMS,  proses barang masuk, stock opname, barang keluar, pemrosesan pesanan, dan pemeliharaan gudang juga bakal jauh lebih optimal.

Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

CCO Jubelio Andra Yusuf

Photo :
  • Istimewa

Fitur terbaru dari Jubelio, dirilis untuk membantu para pebisnis online menyelesaikan masalah-masalah di dalam gudang. Mulai dari inbound (penerimaan barang dan putaway), outbound (Pick, Pack & Ship), stok maintenance (adjustment & opname) serta Jubelio WMS Mobile.

“Efisiensi sudah pasti dan semuanya sudah ke track. Mulai dari, racking, purchase order, put away, layout gudang bisa ditentukan di Jubelio, lalu pengiriman barang. Kemudian barang retur, validasi barang, dan satu lagi sekarang kita sudah mengeluarkan mobile apps nya,” kata CCO Jubelio Andra Yusuf, dikutip dari keterangannya, Rabu, 11 Mei 2022.

Lebih lanjut dia menjabarkan, keunggulan WMS dari Jubelio yang tidak dimiliki oleh sistem lain yaitu telah terhubung dengan channel penjualan omnichannel (marketplace, webstore, POS hingga social commerce). 

"Ini merupakan modernisasi di mana ada sebuah sistem gudang yang bisa langsung terintegrasi ke proses penjualan secara real time," tambahnya.

Saat ini, Jubelio WMS sudah bisa digunakan oleh semua pebisnis online yang membutuhkan sistem gudang terintegrasi ke channel penjualan. Sudah ada banyak brand-brand besar, khususnya di dunia ritel yang menggunakan sistem ini.

"WMS ini semakin melengkapi dominasi Jubelio dalam penyediaan ekosistem bisnis yang lengkap. Sebelumnya, mereka telah memiliki, omnichannel, POS, webstore, chat. Kemudian, ada juga produk tambahan seperti loyalty, financing dan fulfillment," ungkapnya.

Sebagai informasi, terjadi peningkatan 65 persen penjualan online dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Era baru ini dimulai semenjak pandemi COIVD-19 menyerang seluruh di dunia, termasuk Indonesia. Riset tersebut dikeluarkan oleh United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya