Cadangan Devisa RI April 2022 Turun Jadi US$135,7 Miliar

Tumpukan uang dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA – Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada April 2022 turun sebesar US$135,7 miliar dari bulan sebelumnya.

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan, pada Maret 2022 cadangan devisa RI sebesar US$139 miliar. Untuk penurunan pada April 2022 dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri.

“Penurunan dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan antisipasi kebutuhan likuiditas valas. Sejalan dengan meningkatnya aktivitas perekonomian,” kata Erwin dari keterangan, Jumat 13 Mei 2022.

Aset Kripto Jadi Salah Satu Strategi Pengembangan Ekonomi Digital RI, Ini Penjelasannya

Baca juga: Tulisan Tangan Jokowi di Buku Tamu Gedung Putih AS, Ini Isinya

Adapun untuk posisi cadangan devisa itu setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor. Dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Sri Mulyani: Ekonomi Global Diperkirakan Stagnan

“Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” jelasnya.

Karyawan menghitung mata uang dolar Amerika Serikat di gerai penukaran mata uang asing Ayu Masagung, Kwitang, Jakarta Pusat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Melalui cadangan devisa yang turun tersebut, Bank Indonesia menilai cadangan devisa itu akan mampu mendukung ketahanan sektor eksternal. Serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya