Buka Kantor Perwakilan di Medan, Bos LPS Ungkap Agar Warga Sumut Makin Percaya Bank

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Medan – Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa bersama Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin meresmikan Kantor Perwakilan LPS I, di Gedung Sinar Mas Land Plaza, Kota Medan, Jumat 3 Mei 2024.

Ekspansi di Tengah Ketidakpastian Global, 6 Emiten Raih Best Investortrust Companies 2024

Membuka Kantor Perwakilan LPS I di Medan ini, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan kepada nasabah bank. LPS menunjuk Muhamad Yusron menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS I yang berlokasi di Medan dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi seluruh Sumatera. 

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Medan sebagai salah satu lokasi kantor perwakilan LPS, didasari pertimbangan bahwa Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

Prabowo Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Menko Airlangga Ungkap Sektor yang Bakal Digenjot

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

“Provinsi Sumut merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Utara terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2023 yaitu sebesar 4,89%," ucap Purbaya, dalam sambutannya.

Ketua DPD RI Dorong Strategi Ekonomi Pengembangan Wilayah Indonesia-Malaysia

Purbaya menjelaskan bahwa pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi di Sumut mencapai 5,01 persen YoY. Sementara itu dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), per Februari 2024 DPK perbankan provinsi Sumut mencapai Rp319,9 triliun, atau setara 3,91 persen terhadap total DPK nasional, dan 37,08 persen terhadap total DPK di Sumatera. Per Februari 2024, DPK Sumatera Utara tumbuh 6,43% YoY”. 

"Dengan dibukanya Kantor Perwakilan LPS di Medan, anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Provinsi Sumatera Utara sudah lengkap yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan,” tutur Purbaya.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin mengatakan dengan kehadiran Kantor LPS I di Medan Medan ini, diharapkan LPS dapat lebih dekat dengan masyarakat Sumut guna mendapatkan edukasi keuangan.

"Hal itu, agar layanan keuangan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat Sumut. Khususnya, para nasabah perbankan serta diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai program penjaminan, baik pada perbankan maupun asuransi, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dapat semakin bertambah," jelas Hassanudin.

Selain Kantor Perwakilan LPS I di Medan, pada tahun ini LPS juga akan membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya yaitu Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, dan Kantor Perwakilan LPS III di Makassar.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Ketua Anggota Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih dan Anggota Dewan Komisioner Bidang Program Penjaminan Simpanan dan Resolusi Bank Didik Madiyono serta Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya