Dorong Digitalisasi, SRC Sasar 160 Ribu Toko Kelontong di Tanah Air

Transaksi QRIS di toko Kelontong.
Sumber :
  • Dumentasi SRCI.

VIVA – PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) melalui jaringan toko kelontong binaannya, Sampoerna Retail Community (SRC), terus berkomitmen untuk mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM melalui SRC Toko Kelontong Masa Kini.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Head of Commercial Business Development Sampoerna, Rima Tanago memastikan, dalam 14 tahun terakhir eksistensinya SRC bahkan telah berhasil menumbuhkan anggota hingga mencapai 160.000 lebih toko kelontong di seluruh Indonesia. 
Dia pun meyakini, kehadiran toko kelontong SRC telah ikut berkontribusi sebagai penggerak perekonomian dalam upaya pemulihan ekonomi di Tanah Air.

"Selama 14 tahun eksistensi SRC, kami terus bergerak, berinovasi, dan berkontribusi untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi UMKM dan masyarakat Indonesia," kata Rima dalam keterangannya, Senin 30 Mei 2022.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Baca juga: Geger, Diam-diam Menteri Basuki Punya Ilmu Kanuragan Tersembunyi

Rima menambahkan, perjalanan 14 tahun SRC ini dimaknai sebagai proses penting dalam transformasi toko kelontong agar menjadi adaptif dan inovatif pada kebutuhan masa kini. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dia berharap, kehadiran SRC yang berkomitmen #BawaPerubahan ini akan menggerakkan masyarakat, dalam mendukung UMKM dengan cara berbelanja di toko kelontong.

Karenanya, Rima menegaskan bahwa pihaknya juga akan terus menggiatkan upaya digitalisasi toko kelontong, dengan merilis aplikasi AYO SRC TOKO. "Sehingga toko kelontong dapat menyesuaikan dengan era digital," ujar Rima.

Sinergi baik yang tercipta antara pedagang kelontong SRC, masyarakat sebagai konsumen, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya, perlu terus dipupuk agar dampak dan kontribusinya makin terasa untuk kepentingan bersama. 

Toko kelontong kekinian.

Photo :
  • Dokumentasi SRC.

Rima menilai, kekuatan jaringan toko kelontong yang tersebar luas di 34 provinsi di Indonesia ini, diharapkan bakal makin bermanfaat bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Solidaritas merupakan fondasi utama dari toko kelontong SRC yang ke depannya diproyeksikan menjadi jaringan toko kelontong terbesar dan terintegrasi di Indonesia. Harapannya, komitmen kami ini dapat didukung oleh seluruh komponen masyarakat karena bersama kita serba bisa dalam membawa perubahan," ujarnya. 

Diketahui, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, fundamental ekonomi Indonesia dalam dua tahun ini akan menjadi landasan dalam meraih peluang mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan. 

Pada kuartal I-2022, Indonesia berhasil tumbuh 5,01 persen atas kontribusi dari pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk UMKM toko kelontong.

"Terkait dengan hal tersebut, UMKM, baik itu pedagang besar maupun eceran, menjadi salah satu yang memberikan kontribusi besar pada pemulihan ekonomi di kuartal I-2022. Saya mengucapkan selamat kepada seluruh UMKM dan toko kelontong tergabung dalam SRC, yang telah membawa perubahan bagi mereka dan masyarakat sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia," ujar Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya