Jokowi Pastikan Bikin Ekosistem EV di KIT Batang, Ini yang Dibangun

Presiden Jokowi jajal mobil listrik di Batang, Jateng.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA –Ada hal menarik dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo ke Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 8 Juni 2022. Jokowi dan rombongan menggunakan mobil listrik dalam rangkaian kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang membawanya ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang.

Sudah Bisa Dipesan, Wuling Cloud EV Berlimpah Fitur Modern

Selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang. Setelah keluar gerbang tol Gringsing, Presiden dan Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik lalu meninjau proyek KCC Glass di KITB.

"Tadi saya coba mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Saya kira halus, enggak ada suaranya," ujar Presiden dalam keterangannya di kawasan proyek KCC Glass, Rabu, 8 Juni 2022

Jokowi Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Kamar: Menang InsyaAllah

Menurut Jokowi, kendaraan listrik merupakan bagian dari upaya Pemerintah yang ingin membangun sebuah ekosistem yang besar. Presiden melanjutkan, ekosistem kendaraan listrik tersebut mencakup dari hulu sampai ke hilir.

Presiden Jokowi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) Jawa Tengah

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp 609,68 Triliun Sejak 2015

"Mulai dari penambangan nikel, kemudian smelter-nya, refinery-nya, kemudian pembangunan industri katoda dan prekursor-nya, kemudian masuk ke litium baterai, kemudian mobilnya,"kata Jokowi.

Tak hanya sampai di situ, di KITB ini juga akan dilakukan daur ulang limbah baterai yang tak terpakai. "Setelah mobilnya juga masih ada lagi tambahan, yaitu recycle baterai listriknya sehingga ini betul-betul dari hulu ke hilir semuanya dalam sebuah ekosistem besar yang ingin kita kerjakan," ujarnya.

Selain presiden dan Iriana, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut menumpangi mobil listrik lainnya bersama dengan istrinya. Ada juga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad yang ketiganya berada dalam satu mobil.

Di mobil listrik lain juga tampak Menteri BUMN Erick Thohir duduk bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya