Intip Spesifikasi Pesawat Susi Air yang Kecelakaan di Papua

Pesawat milik Susi Air/Ilustrasi.
Sumber :
  • Veros Afif/Sumenep

VIVA – Pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK BVM dari Timika tujuan Duma mengalami kecelakaan. Pesawat berjenis Pilatus Porter itu dipiloti oleh Deyle Peter Houzenat.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan pemilik pesawat Susi Pudjiastuti melalui Twitter-nya, Kamis 23 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. Pesawat itu diketahui membawa enam penumpang.

Seperti apa spesifikasi dan rekam jejak Pesawat Pilatus Porter tersebut? Dilansir VIVA, Kamis, 23 Juni 2022, dari website resmi Susi Air, pesawat itu mulai dioperasikan sejak Desember 2007. Pada awal pengoprasiannya pesawat berjumlah dua, dan kemudian bertambah dua lagi di 2009.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Pilatus Porter dijelaskan juga memiliki kemampuan untuk mendarat di mana saja, tepatnya di landasan udara dengan panjang 250 meter. Hal itu diklaim yang menjadikan pembeda pesawat ini dengan yang lainnya.

“Kemampuan medan pendek ini, dikombinasikan dengan muatan sekitar 900 kg, sangat diminati di Indonesia. Di mana lebih dari 250 (dari 650) landasan pacu lebih pendek dari 500 meter,” jelas website tersebut.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Ilustrasi pesawat Susi Air

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, pesawat Porter dijelaskan utamanya digunakan untuk pengoperasian di Papua. Khususnya untuk mengakses lapangan terbang yang tidak dapat diakses oleh pesawat jenis Caravan.

Lebih lanjut, pesawat Pilatus Porter mampu membawa penumpang tujuh hingga delapan orang. Dengan menggunakan kursi portable yang mudah disesuaikan. Kemudian, pesawat ini juga bisa membawa kargo, dan dilengkapi dengan kamera LIDAR.

“Porter Pilatus kami juga dilengkapi dengan kamera LIDAR untuk keperluan geosurvey,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya