Blue Bird Bagi Dividen Rp150,12 Miliar, Dirjen Kemenhub Jadi Komisaris

Armada Taksi Blue Bird. Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyetujui pembagian dividen sebesar Rp150,12 miliar kepada pemegang saham.

Raup Laba Bersih Rp483 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

Komisaris Utama PT Blue Bird, Noni Sri Ayati mengatakan, pembagian dividen tunai tersebut berasal dari sebagian laba ditahan Perseroan yang belum ditentukan penggunaannya. Untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021.

“Sebesar Rp150.126.000.000 (6,72 persen dari seluruh laba ditahan) yang akan dilaksanakan pada 22 Juli 2022. Sisanya akan dibukukan sebagai laba ditahan yang belum ditentukan penggunaannya,” kata Noni dari keterangannya, Senin 27 Juni 2022.

Cetak Laba Bersih 2023 Rp 6,8 Triliun, Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 274,8 Miliar

Bluebird.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Selain membagikan dividen, juga dilakukan persetujuan atas laporan tahunan perseroan, termasuk laporan Direksi dan laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2021.

Chandra Asri Pacific Tbk Bagikan Dividen Tunai US$30 Juta

Kemudian penunjukan akuntan publik independen untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan, dan entitas anak untuk tahun buku 2022.

“Persetujuan atas perubahan dan pengangkatan kembali anggota Dewan Komisaris perseroan. Serta penetapan remunerasi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2022,” jelasnya.

Sementara itu, dalam RUPST disetujui untuk menunjuk kembali KAP Kosasih, Nurdiyaman, Mulyadi, Tjahjo & Rekan, member of Crowe Global untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas Anak untuk tahun buku 2022.

Selanjutnya, menyetujui pengangkatan kembali Gunawan Surjo Wibowo sebagai Komisaris perseroan, dan Rinaldi Firmansyah sebagai Komisaris Independen perseroan. 

Selain itu RUPS juga mengangkat tiga anggota Dewan Komisaris baru, yaitu Irjen Pol, (Purn) Budi Setiyadi, Komjen Pol. (Purn) Setyo Wasisto dan Alamanda Shantika masing-masing sebagai Komisaris Independen Perseroan. Budi Setiyadi diketahui saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

RUPST PT Blue Bird Tbk juga menetapkan remunerasi kotor bagi semua anggota Dewan Komisaris perseroan untuk tahun buku 2022, sama dengan keputusan RUPS Tahunan perseroan tahun 2019, yaitu keseluruhan maksimum sebesar Rp5.655.000.000 atau Rp5,65 miliar.

Adapun dari RUPST juga menyetujui untuk memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris perseroan, untuk menetapkan besarnya remunerasi bagi seluruh anggota Direksi perseroan untuk tahun buku 2022. Dan menetapkan pembagiannya diantara para anggota Direksi perseroan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya