Gandeng Kadin, DPP INSA Gencarkan Promo Pariwisata Bahari

Ilustrasi kapal pesiar pribadi yacht
Ilustrasi kapal pesiar pribadi yacht
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners Association (DPP INSA) menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata bahari nasional. Salah satunya yakni dengan menggelar mini gathering INSA Yacht Festival (IYF), yang rencananya akan digelar di Benoa Marina, Bali.

Ketua Umum DPP INSA, Carmelita Hartoto mengatakan, selain sebagai ajang promo pariwisata bahari, perhelatan itu juga sebagai ajang mempromosikan dan mengenalkan kapal pesiar yacht di Indonesia.

"Potensi pariwisata bahari di Indonesia cukup terbuka. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak sekali spot untuk wisata bahari," kata Carmelita dalam keterangannya, Selasa 28 Juni 2022.

Ketua Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia, Carmelita Hartoto

Ketua Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia, Carmelita Hartoto

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Apalagi, lanjut Carmelita, pemerintah juga tengah mempersiapkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Di mana, empat dari lima DPSP ini terkait dengan pariwisata bahari.

"Untuk itu, INSA menilai perlu ada ajang agar kita bertemu untuk membedah peluang dan tantangan, sekaligus mempromosikan pariwisata bahari kita kepada dunia," ujarnya.

Wakil Ketua Umum III DPP INSA, Nova Y. Mugijanto menambahkan, dalam upaya mendukung promo pariwisata bahari, DPP INSA juga menggelar acara 'Peduli Pelestarian Terumbu Karang' sebagai bentuk kepedulian pengusaha pelayaran nasional terhadap lingkungan.