6 Terobosan Tjahjo Kumolo, Pembela Kesejahteraan Tenaga Honorer

Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan Jakarta
Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

VIVA Nasional – Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. Tjahjo Kumolo meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, karena sakit dan sempat menjalani perawatan secara intensif sejak dua pekan terakhir. Ia menghembuskan napas terakhir di usia 64 tahun.

Tahjo muda sudah berkecimpung di dunia politik sejak lulus kuliah dari Universitas Diponegoro saat usia 28 tahun. Awalnya Tjahjo mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada tahun 1987 dari Partai Golkar dan terpilih di umurnya yang terhitung masih muda.

Selama menjabat sebagai Menpan RB, Tjahjo Kumolo tercatat aktif memberikan sumbangsih berupa kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat Indonesia.

Nah, Berikut ini VIVA telah merangkum kebijakan-kebijakan yang pernah dicetus oleh Tjahjo Kumolo selama menjabat sebagai Menteri Pan RB. Mengutip laman Kementerian Panrb, berikut 6 kebijakan terbaru Tjahjo Kumolo:

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

1. Membela kesejahteraan tenaga honorer

Penataan tenaga non-aparatur sipil negara atau non-ASN pada pemerintah pusat maupun daerah adalah bagian dari langkah strategis untuk membangun SDM ASN yang lebih profesional dan sejahtera serta memperjelas aturan dalam rekrutmen. Sebab tidak jelasnya sistem rekrutmen tenaga honorer berdampak pada pengupahan yang kerap kali di bawah upah minimum regional (UMR).