Kementan Jamin Pasokan Pangan DKI Jakarta Periode Libur Idul Adha

Ratusan ekor sapi milik warga yang tinggal di kawasan rawan bencana Gunung Merapi di Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, diungsikan ke tempat evakuasi hewan ternak.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Bisnis – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung kesiapan Idul Adha di wilayah DKI Jakarta. Dalam hal ini Kementan akan menyediakan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan, seperti komoditas bawang, minyak goreng, beras dan aneka jenis cabai.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dukungan itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan pangan di Jakarta. Sejauh ini jelasnya Kementan telah melakukan mapping terkait suplai dan permintaan di Indonesia.

"Intinya saya dengan pemprov DKI dan dengan Gubernur lain terbuka untuk melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplai kita cukup dan neraca kita aman," kata Syahrul dari keterangan, Senin 4 Juli 2022.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Adapun untuk ketersediaan cabai dan hewan ternak, akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah sentra untuk Jakarta. Di antaranya, Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri, hingga Sulawesi.

Kemudian untuk keamanan hewan ternak, Syahrul memastikan proses vaksinasi terus berjalan dan sapi yang keluar dari zona merah sudah melalui pemeriksaan, karantina dan pemberian vitamin.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Sekarang kita punya vaksin 3 juta dan sudah tersimpan di Bogor. 800 ribu diantaranya sudah disuntikan. Memang PMK hadir tetapi Insya Allah daerah hijau kita masih banyak dan gugus tugas gabungan dari BNPB dan lainnya terus bekerja," jelasnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian Pertanian.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, kebutuhan hewan ternak untuk kurban mencapai 47 ribu ekor, dan saat ini sudah tersedia 42 ribu ekor.  Dan dengan sisa 5 ribu ekor lainnya jelasnya akan terpenuhi dalam waktu dekat.

"Saya sangat apresiasi karena kita tau kebutuhan pangan jakarta dipasok dari luar kota dan kepastian pasukan ini menjadi angin segar sehingga kita lebih tenang dan harga stabil sehingga inflasi dapat kita kendalikan," jelasnya.

Lebih lanjut Anies menuturkan, kebutuhan pangan tahun ini meningkat tajam dari kebutuhan Tahun-tahun sebelumnya. Kata dia, kebutuhan tahun lalu berada di angka 42 ribu dan saat ini mencapai 47 ribu.

"Betul ada kenaikan tapi Insya Allah semua aman," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya