Tiket Pesawat Mahal Bikin Transportasi Laut Makin Diminati

Kapal PELNI bersandar (Ilustrasi)
Sumber :
  • PT PELNI

VIVA Bisnis – Mahalnya harga tiket pesawat disebut memengaruhi perjalanan menggunakan kapal laut. Terjadi peningkatan jumlah penumpang pada tahun ini, khususnya jika dilihat mulai periode Februari 2022.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Dari data Pelni disebutkan per Februari 2022 jumlah penumpang tercatat 146.344, lalu pada Maret 159.565, kemudian memasuki April tercatat 256.960. 

Sementara itu, pada Mei tercatat 371.363 penumpang. Per 12 Juni jumlah penumpang tela menyentuh 125.792. Jika ditotal periode Januari sampai dengan Juni penumpang sudah nyaris 1,3 juta.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT PELNI Sukendra mengungkapkan, angka ini naik dibandingkan dengan low season periode Maret. Menurutnya terjadi peralihan penggunaan moda transportasi di masyarakat yang lebih terjangkau.

"Ada kenaikan rata-rata per minggu. DIbandingkan pada minggu low season periode Maret dan minggu kedua bulan Juni," kata dia, dalam keterangannya, dikutip, Minggu, 10 Juli 2022.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Fenomena peralihan moda transportasi itu menurutnya juga didukung dengan pembelian tiket kapal laut semakin mudah. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan tak ketinggalan zaman.

Sukendra mencontohkan, KM Doloronda yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Yos Sudarso Ambon memiliki segudang fasilitas.  Mulai dari pembelian tiket yang kini lebih mudah yaitu memesan via website atau aplikasi Pelni Mobile. Dulunya pembelian harus ke kantor cabang Pelni. 

"Ini mudah karena tak harus berdesakan dengan antrean ketika membeli tiket. Hal ini juga membuat hilang para calo tiket bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun," tambahnya.

Kemudian untuk makanan juga lebih baik dibandingkan periode 7 tahun lalu. Dulunya Pelni masih menggunakan sterofoam yang tak ramah lingkungan. Kini menggunakan kotak makan yang ramah lingkungan. 

Kemudian menu makanan juga sehat karena tak cuma nasi, lauk dan sayuran. Tak cuma itu diberikan suplemen berupa susu, jus atau biskuit yang mengikuti jadwal dari makanan hari ini.

Di kelas ekonomi juga ada terminal listrik untuk mengisi daya smartphone. Dulunya para penumpang mengantre di mengisi daya di kantin. 

"Lalu tersedianya mini bioskop bahkan Play Station semakin memanjakan para penumpang. Ada juga kios kios makanan seperti Pelni Mart yang menjual berbagai macam jajanan. Lalu Dapoer Pelni yang menyediakan masakan siap saji, bahkan kios fesyen yang menjual pakain pria dan wanita juga tersedia dalam kapal," imbuh dia.

Sukendra menyebut sekarang semua kapal Pelni dilengkapi dengan sinyal telepon dan sms tanpa data. Sebenarnya, terdapat wifi yang bisa mengakses internet, namun itu hanya bisa digunakan untuk kebutuhan navigasi kapal.

"Tak ada lagi kata-kata sulit sinyal ketika berlayar bersama Pelni. Semoga dalam beberapa waktu mendatang, sinyal internet sudah bisa menemani penumpang berlayar," imbuh dia.

Kapal Pelni disiapkan Kemenhub untuk akomodasi MotoGP

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Saat ini Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut, mengoperasikan 26 Kapal Penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas. 

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas. 

Kemudian, Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini Pelni mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya