Keliling Sarinah, Bos IMF Kagum dengan Indonesia

Bos IMF Kristalina Georgieva mengunjungi Sarinah.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.

VIVA Bisnis – Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva mengunjungi pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta pada Minggu, 17 Juni 2022. dalam kesempatan itu dia pun berkeliling melihat produk-produk UMKM yang disajikan.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Georgieva tiba di Sarinah pada Minggu sore dan langsung diajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkeliling. Salah satunya mengunjungi instalasi kain batik garuda nusantara sepanjang 74 meter di area lobi selatan. 

Setelah itu dia menyaksikan live demo Batik Motif Sekar Jagad oleh disabilitas, Sarinah Gallery atau Sarinah photo exhibition dan Instalasi Dekonstruksi dan Rekonstruksi Gunungan Wayang oleh Dudung Aliu Syahbana.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kunjungan Georgieva memberikan citra positif bagi pembangunan dan perekonomian Indonesia. 

"Ada tiga hal yang disampaikan, pertama, dia meyakinkan Indonesia tidak berada dalam jurang krisis seperti yang digembar-gemborkan," ujar Erick di Jakarta, Minggu, 17 Juni 2022.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Kendati begitu, kata Erick, hal tersebut tidak menurunkan kewaspadaan Indonesia meski secara internal ekonomi Indonesia dalam posisi kuat.

"Secara eksternal, yang namanya geopolitik, global ekonomi bisa saja berdampak," ucap Erick. 

Georgieva, lanjut Erick, menilai Indonesia sudah menuju pada arah yang baik dengan memiliki fondasi ekonomi yang kuat. Dengan, kemajuan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan kepada UMKM.

Presiden Jokowi resmikan wajah baru Sarinah.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Selain itu, Georgieva, Erick sampaikan bahwa kagum dengan upaya Indonesia dalam memperkuat ekosistem ekonomi seperti yang ada di Sarinah. 

Erick mengatakan penguatan ekosistem tidak bisa ego sektoral, tetapi harus saling mendukung dan harus ada hasil yang konkret. 

Dia menyebut Sarinah tidak hanya etalase produk lokal semata. Melainkan upaya pemerintah meningkatkan kualitas produk lokal yang bisa bersaing di kancah global dan berkesinambungan. 

"Jangan lagi ada persepsi seakan-akan produk itu standarnya tidak baik, kita bisa buktikan di sini. Bahkan kemarin bapak presiden bilang kenapa kalau UMKM harus dijual murah padahal ini handmade bangsa kita. Jualnya mahal dong, inilah yang harus kita dorong," katanya.

"Tentu, ia senang IMF datang ke sini memuji-muji Indonesia, tidak lagi seperti dahulu. Artinya kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi sudah berada di alur yang benar dan mari kita saling bekerja sama, memastikan kita tambah maju lagi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya