Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Uang dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat, 26 April 2024. Rupiah melemah sebesar 33 poin atau 0,20 persen ke posisi Rp 16.220 per dolar AS.

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 16.208 per dolar AS. 

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan mata uang rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat pada hari ini. 

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

"Hari ini mata uang rupiah fluktuatif namun, ditutup menguat," kata Ibrahim dalam laporannya Jumat, 26 April 2024.

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Aset Kripto Jadi Salah Satu Strategi Pengembangan Ekonomi Digital RI, Ini Penjelasannya

Ibrahim mengatakan, perubahan arah kebijakan moneter AS dan memburuknya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan Eropa membuat dinamika ekonomi keuangan global berubah cepat. Sehingga membuat risiko dan ketidakpastian meningkat. 

"Tingginya inflasi dan kuatnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) mendorong spekulasi penurunan Fed Funds Rate (FFR) yang lebih kecil dan lebih lama dari prakiraan, sejalan pula dengan pernyataan para pejabat Federal Reserve System," jelasnya. 

Menurutnya, hal ini membuat investor global memindahkan portfolionya ke aset yang lebih aman khususnya mata uang dolar AS dan emas. Sehingga menyebabkan pelarian modal keluar dan pelemahan nilai tukar di negara berkembang semakin besar.

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Kondisi ini memerlukan respons kebijakan yang kuat untuk memitigasi dampak negatif dari rambatan ketidakpastian global tersebut terhadap perekonomian di negara-negara berkembang,  termasuk di Indonesia," jelasnya. 

Adapun untuk hari ini Ibrahim memperkirakan, mata uang rupiah terhadap dolar AS akan ditutup menguat direntang  Rp 16.150-Rp 16.220.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya