Coba Jualan di Marketplace Pertamina Puluhan UMK Naik Kelas

Program Pendanaan UMK Pertamina buat pengusaha kecil naik kelas.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – PT Pertamina mengklaim 67 Usaha Menengah Kecil (UMK) asal Kalimantan Selatan telah naik kelas dan memasarkan produknya di smexpo.pertamina.com. Hal itu dilakukan usai mengikuti Program Pendanaan UMK atau PUMK.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Diketahui smexpo.pertamina.com tersebut adalah sebuah market place yang disediakan khusus oleh Pertamina untuk memasarkan produk dari ribuan mitra binaaan perusahaan untuk meningkatkan kualitas para pengusaha UMK.

Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan Pertamina, Susanto August Satria, mengatakan pihaknya memiliki beberapa program bagi para UMK, mulai dari program pendanaan UMK hingga pelatihan-pelatihan yang bertujuan UMK naik kelas, mengikuti kebutuhan zaman.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Baca juga: Isi CCTV Soal Brigadir J, Paspampres Ugal-ugalan hingga Istri Sambo

Selain itu, kata dia, ada tiga hal utama yang dilakukan Pertamina untuk membina UMK yaitu pelatihan UMK berbasis naik kelas, Program Pendanaan UMK, dan mendekatkan UMK ke pasar nasional dan global. Pelatihan-pelatihan dilakukan agar pelaku usaha mampu mengikuti kebutuhan zaman.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

“Pertamina berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak termasuk mengambil peran dalam Gernas BBI 2022. UMK yang berhasil naik kelas melalui pelatihan dan program yang kami siapkan, kami ajak mengikuti berbagai pameran dari tingkat lokal hingga internasional, termasuk menyediakan marketplace di smexpo.pertamina.com untuk memasarkan produk UMK,“ kata Susanto di acara Jelajah Warna Warni Kalimantan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dikutip Rabu 27 Juli 2022.

Adapun diantara UMK mitra binaan Pertamina di Kalsel yang sudah naik kelas dan menjadi UMK terbaik yang ikut dalam Gernas BBI Kalsel 2022 adalah Sasirangan Kayuh Baimbai, D2tya Handmade dan Rumah Disabilitas Borneo. 

Sasirangan Kayung Baimbai dirikan Siti Masmurah, pensiunan guru, yang sejak 1996 sudah mendapatkan pinjaman modal dari Pertamina. Dia kemudian menyerahkan usahanya kepada anaknya, Eva Wani Rosita.  

“Saya sangat terbantu oleh Pertamina. Saya meneruskan usaha Ibu yang awalnya dibantu Pertamina. Alhamdulillah usaha terus berkembang, bisa menyekolahkan anak di Fakultas Kedokteran dan punya home base di Jakarta. Kalau tidak dibantu Pertamina, saya tidak tahu waktu itu usaha ini bisa jalan atau tidak,” tutur Eva. 

Salah satu UMKM yang ikut dalam Pertamina SMEXPO.

Photo :
  • istimewa

Kemudian, pemilik D2tya Handmade, Nurhamdhany, menuturkan bisnisnya berawal dari hobi menyulam dan merajut. Setelah pindah ke Banjarmasin, muncul ketertarikan untuk membuat produk aksesoris yang terbuat dari batu alam yang merupakan ciri khas dari Kalimantan Selatan. 

“Produk tersebut sangat diminati para wisatawan untuk dibawa menjadi oleh-oleh. Pada 2014, saya memulai bisnis yang bergerak dibidang craft dan konsisten bergabung di komunitas-komunitas UMK,“ ungkapnya. 

Adapun Nurhidayah berkomitmen membantu kaum disabilitas dengan mendirikan Rumah Disabilitas Borneo. Dia bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2021. 

“Rumah Disabilitas Borneo merupakan suatu wadah yang memiliki tujuan untuk membina dan mengembangkan keterampilan penyandang disabilitas agar memiliki pekerjaan yang layak,“ tegasnya. 

Arya Sinulingga Staf Khusus III  Kementrian BUMN Arya Sinulingga bersama Fajriyah Usman Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina memberikan sembako kepada warga dalam acara Pasar Rakyat dan bazaar UMKM BUMN.

Arya Sinulingga Staf Khusus III Kementrian BUMN Arya Sinulingga bersama Fajriyah Usman Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management Pertamina memberikan sembako kepada warga dalam acara Pasar Rakyat dan bazaar UMKM BUMN.

Photo :

Tercatat sebanyak 1.178 UMK mendaftar untuk mengikuti bimbingan teknis serta menyemarakkan gelaran Gernas BBI Kalsel yang digelar pekan lalu. Dari jumlah itu, terpilih 67 UMK terbaik yang telah dibekali bimtek seperti literasi digital, literasi keuangan, branding, hingga business matching. 

Puncak Gernas Kalsel dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (marves), Luhut Binsar Panjaitan, pada Jumat 22 Juli 2022 di Kawasan Siring 0 Km Banjarmasin.  

Luhut dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan Gernas BBI yang dilakukan setiap bulan di berbagai daerah Indonesia telah mengangkat ekonomi daerah khususnya pada UMK. 

“Gernas BBI ini menjadi salah satu penguatan ekonomi dalam negeri. Itu sebabnya tiap bulan kami bikin berpindah-pindah untuk membangunkan semangat,” katanya.

Gernas BBI menampilkan 650 produk UMK. Transaksi pada puncak acara itu mencapai Rp500 juta baik transaksi online maupun offline. “Ada 600 UMK lebih yang terlibat kita harapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalsel," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya