Tiket Pulau Komodo dan Padar Rp3,75 Juta, Bandara Komodo Sepi

Interior Bandara Komodo.
Sumber :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

VIVA Bisnis – Pintu kedatangan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan baji, Bandar Udara Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, tampak sepi. Baik dari aktivitas wisatawan yang biasa dilakukan oleh agen perjalanan wisata, maupun para pelaku bisnis.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Sejak pagi di area pintu kedatangan, tidak tampak kehadiran para agen perjalanan wisata. Yang, biasanya memarkir mobil di depan pintu kedatangan untuk menjemput tamu. Pintu kedatangan hanya dipenuhi oleh beberapa tamu yang keluar dan dijemput oleh mobil pribadi kenalan atau keluarga.

Para pelaku pariwisata Labuan Bajo melakukan aksi demonstrasi menolak kenaikan tarif TN Komodo.

Photo :
  • Laporan Jo Kenaru/ Manggarai-NTT.
Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Pantauan Antara, ada pula wisatawan mancanegara asal Spanyol yang terlihat kesal dan marah karena tidak dijemput oleh agen perjalanan wisata. Mereka pun menolak dibantu oleh petugas yang ada di bandara.

Karena ketiadaan mobil milik agen perjalanan wisata yang diperuntukkan bagi wisatawan, dua unit bus milik Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Kementerian Perhubungan disiapkan untuk mengantar tamu.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Sementara itu, tampak pula aparat pengamanan baik TNI dan Polri berjaga-jaga di tiap sudut bandara. Baik di dalam maupun di luar bandara.

Situasi ini merupakan bagian dari aksi protes yang dilakukan oleh pelaku pariwisata Labuan Bajo untuk menghentikan aktivitas pariwisata. Dampak dari kebijakan biaya kontribusi Rp3,75 juta per orang per tahun di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Presiden Jokowi di Pulau Rinca Labuan Bajo.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Mereka yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Wisata dan Individu pelaku wisata Labuan Bajo bersepakat untuk menghentikan semua jenis pelayanan jasa pariwisata. Khususnya, di Kepulauan Taman Nasional dan di seluruh destinasi wisata di Manggarai Barat mulai 1-31 Agustus 2022.

Akibatnya, tidak ada agen perjalanan wisata yang melakukan aktivitas jemput tamu di Bandara Komodo sejak pagi. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya