Mendag Zulhas Minta Pengusaha Beli Sawit Petani di Atas Rp2.000 Per Kg

Mendag Zulhas dan Mentran Syahrul.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan minta kepada para pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk wajib membeli Tandan Buah Segar (TBS) petani maupun mitranya. Dengan harga tegasnya di atas Rp2.000 per kilogram.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Penegasan tersebut disampaikan Zulkifli Hasan di Jambi, Selasa, 2 Agustus 2022. Usai, melakukan kunjungan kerjanya ke Pasar Angso Duo Jambi.

"Saya minta mulai minggu depan, harga TBS harus di atas Rp2.000 per kilogram dan para pengusaha wajib menaati aturan yang telah disepakati," kata Mendag Zulhas, saapaan akrabnya.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Kelapa sawit

Photo :
  • vstory

Menurut dia, keputusan itu diambil setelah melakukan dialog dengan para petani sawit. Dia pun menegaskan dalam waktu minggu depan harga TBS sawit sudah harus di atas Rp2.000 per kilogram.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

"Ini Instruksi langsung dari Bapak Presiden, saya selaku mendag menyampaikan bahwa minggu depan harga TBS sudah di atas Rp 2.000 per kilogram," ujar Zulhas. 

Kemendag, katanya, juga sudah menghapus pajak ekspor yang dibebankan kepada pengusaha sawit. "Baik mitra maupun non-mitra perusahaan, harganya (TBS) harus di atas Rp 2.000 per kilogram. Jika tidak berani, boleh protes, jangan jual TBS-nya," kata mendag.

Sebagai informasi, mendag dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada pukul 10.00 WIB dan disambut langsung Gubernur Jambi, Al Haris.

Ada beberapa agenda kunjungan mendag ke Jambi yakni peninjauan Pasar Angsoduo Jambi, peletakan batu pertama PT Nusantara Green Energy di Simpang Jelutih, Kabupaten Batanghari.

Buruh memuat tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di areal perkebunan sawit

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jojon

Selain itu Mendag Zulkifli Hasan juga dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Pabrik Minyak Goreng PT Kurnia Tunggal di Muarojambi. Mendag rencananya hanya melakukan kunjungan selama satu hari di Jambi dan akan kembali ke Jakarta sore nanti. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya